Seputar Blora

Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan Alternatif Solusi Konstruksi Mitigasi di Musim Kekeringan


Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Jawa Tengah memberikan support pembinaan dan pendampingan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) di sejumlah tempat.

“Kami lakukan support pembinaan dan pendampingan dalam rangka pemeliharaan infrastruktur yang ada agar tetap dapat berfungsi secara optimal kepada organisasi masyarakat pengelolaan ABSAH tersebut,” jelas Kepala Bidang SDA DPUPR, Ir. Surat, ST., MT mewakili Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya,MT, di Blora, Selasa (26/9/2023).

Dikatakan Kabid SDA DPUPR, itu adalah kegiatan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) sebagai salah satu alternatif solusi konstruksi mitigasi di musim kekeringan.

Bangunan yang terbangun digunakan sebagai sarana untuk menampung pemanenan air hujan di musim penghujan.

Prinsip kerja teknologi ABSAH adalah infrastruktur penyediaan air baku mandiri dengan menampung air hujan dalam tampungan yang disaring dengan media akuifer buatan (kerikil, pasir, bata merah, batu gamping, ijuk dan arang).

“Air yang sudah masuk ke bangunan ABSAH secara proses kimiawi telah memenuhi syarat sebagai air baku yang kemudian dapat dimanfaatkan sewaktu waktu untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat bahkan air yang masih tertampung bisa digunakan kebutuhan air bersih di musim kemarau,” ungkap Surat, Kabid SDA DPUPR Blora.

Di Kabupaten Blora, menurut Surat, sampai saat ini ada empat buah infrastruktur ABSAH yang terbangun, yaitu di Desa Pengkolrejo Kecamatan Japah, kemudian di Desa Nglengkir Kecamatan Bogorejo, Desa Sambongrejo Kecamatan Ngawen dan Desa Bandungrojo Kecamatan Ngawen. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Mendongeng, Metode Belajar yang Diminati Anak
    20 Juni 2024 Jam 18:32:00

    Mendongeng masih menjadi metode belajar yang saat ini masih diminati anak-anak selain program...

    Penyampaian Informasi Kebijakan dan Program Pembangunan Kepada Masyarakat, Dukung Keterbukaan Informasi Publik
    20 Juni 2024 Jam 16:16:00

    Hasil pembangunan maupun kebijakan yang direalisasikan pemerintah, tidak akan diketahui...

    Pemkab Serahkan Buku Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023 Kepada DPRD Blora
    19 Juni 2024 Jam 23:32:00

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora secara resmi menyerahkan Buku Rancangan Peraturan Daerah...