Berita Terkini

Jelang Pemilu, Ratusan Petugas Pengamanan di Blora Gelar Simulasi Sispamkota


 Suasana Lapangan Kridosono, Blora,Senin (25/9/2023) pagi, nampak riuh ramai dengan sekumpulan orang-orang berpakaian preman membuat kericuhan.

Mereka tengah berunjuk rasa menyampaikan keluh kesah terhadap pelaksanaan Pemilu. Sementara itu, tampak ratusan petugas kepolisian siaga dan sigap untuk menjaga kamtibmas. Para petugas itu memang telah disiapkan untuk melakukan pengamanan berlapis.

Usut punya usut, ternyata kejadian itu merupakan simulasi Sispam kota yang digelar jajaran Polres Blora dalam rangka Operasi Mantap Brata 2024.

Meski simulasi, situasi ricuh adanya sekelompok orang yang berunjuk rasa dibuat sedemikian nyata dan detail. Hal tersebut bertujuan agar para petugas pengamanan semakin siap dan terlatih untuk antisipasi gangguan kamtibmas jelang Pemilu 2024 mendatang.

Kapolres Blora, AKBP Agus Puryadi, SH, S.I.K, M.Si menjelaskan, Kepolisian sudah menyiapkan skenario-skenario pengamanan khususnya dalam rangka Pemilu 2024 khususnya di wilayah hukum Polres Blora.

Dikatakan, simulasi Sispam Kota tersebut dilakukan agar petugas keamanan semakin siap.

"Hari ini saat dimulainya melakukan pengamanan Pemilu tahun 2024. Untuk itu latihan demi latihan harus kita lakukan untuk menambah kemampuan kita. Menambah kekuatan kita, menambah sinkronisasi pelaksanaan tugas kita dalam rangka pelaksanaan Pemilu tahun 2024," tandas Kapolres.

Hal senada juga dikemukakan Dandim 0721 Blora, Letkol Czi Yuli Hartanto, SE. Dia menyatakan siap mendukung Polres Blora dalam rangka mewujudkan Blora yang kondusif.

"Kodim Blora siap bersinergi dengan jajaran Polres. Untuk itu kami siap selalu membackup kegiatan pada hari ini. Saya lihat simulasi Sispam kota dalam rangka Operasi Mantap Brata disini kami selaku TNI mempunyai tugas membackup rekan rekan kepolisian dalam hal ini bapak Kapolres dan jajarannya," terang Dandim.

Sementara itu, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, yang turut menyaksikan simulasi Sispam Kota tersebut, menyambut baik langkah sigap dari Polres Blora dalam mempersiapkan pengamanan jelang Pemilu 2024.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Polres Blora yang telah menyelenggarakan Simulasi Sispam kota ini. Semoga adanya simulasi ini bisa membuat kita semua semakin siap dalam mengantisipasi dan menangani potensi kerawanan, khususnya jelang Pemilu 2024 mendatang,’’ papar Wabup yang hadir mewakili Bupati Blora H.Arief Rohman, S.IP,M.Si.

Dalam simulasi, tampak skenario diawali dengan munculnya kekecewaan massa di Kantor KPU hingga terjadinya demonstrasi. Meski sempat berjalan tertib, namun suasana mulai tidak kondusif, massa mulai bertindak anarkis dan terjadi kericuhan.

Petugas pengamanan yang diterjunkan pun berlapis dan secara bertahap sesuai dengan tingkat kerawanan. Hingga pada akhirnya sejumlah pelaku yang diduga menjadi dalang kericuhan berhasil diamankan petugas dan suasana menjadi kondusif kembali.

Tampak pula, beberapa perlengkapan seperti tameng, hingga anjing pengurai massa, water canon, dan sejumlah kendaraan juga turut diterjunkan untuk mengendalikan massa.

Selain petugas kepolisian, nampak hadir pula petugas dari Damkar Blora, Satpol PP Blora, dan dari Unsur TNI. (DINKOMINFO BLORA)

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...