Seni dan Budaya

Cerita Dharma Sang Amijoyo Siap Ditampilkan Duta Seni Blora 2023 di TMII


Paguyuban Seni Barongan Risang Guntur Seto (RGS) siap tampil di anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta sebagai Duta Seni 2023 Kabupaten Blora.

Ketua Paguyuban Seni Barongan Risang Guntur Seto (RGS) Adi Wibowo menjelaskan cerita pementasan seni kerakyatan itu diberi judul "Dharma Sang Amijoyo"

Adi Wibowo mengaku tim RGS sudah siap tampil untuk memikat pengunjung dan mempromosikan potensi seni budaya Kabupaten Blora.

"Cerita ini diambil dari kesenian Barongan Blora, sebuah seni kerakyatan yang sangat populer dan melegenda di kalangan masyarakat Blora," terang Adi Wibowo dalam sinopsis yang dirilis, Kamis (28/9/2023).

Diceritakan, Gembong Amijoyo adalah sosok yang diyakini oleh masyarakat Kabupaten Blora memiliki kesaktian Singo Barong, yaitu bisa berubah wujud menjadi manusia harimau.

"Sang Gembong Amijoyo ini dianggap sebagai pahlawan oleh masyarakat di Kabupaten Blora karena diyakini sebagai Penjaga Alas Jati Wengker yang konon adalah Kabupaten Blora yang tumbuh subur dan kaya akan kekayaan alamnya," tuturnya.

"Dharma Sang Amijoyo" menceritakan keteguhan hati, kegagahan dan kerja keras Gembong Amijoyo dalam menjaga Alas Jati Wengker dari segala gangguan dan ancaman sehingga tetap aman dan damai.

"Dengan karakter pantang menyerah, dinamis, tangguh dan konsisten layaknya karakter masyarakat di Kabupaten Blora," tandasnya.

Dalam cerita itu ditampilkan juga tokoh Joko Lodra, Patuh Pujongga Anom, Pasukan Berkuda dan abdi Ki Untub, Noyontoko dan Mbok Gainah.
Rombongan itu berencana akan melamar Dewi Sekartaji di Jenggolo dengan masuk dan melewati Alas Jati Wengker, tetapi dihalau oleh Gembong Amijoyo yang memegang Dharma untuk menjaga kesucian Alas Jati Wengker.

"Kesenian Barongan ini sarat akan pesan moral dan kearifan lokal. Dari Gembong Amijoyo Sang Singo Barong kita belajar bagaimana mengabdikan hidup kita untuk menjaga Blora yang kaya akan hutan jati, minyak dan gas," ungkapnya.

Diinformasikan sebelumnya, Pentas Duta Seni 2023 Kabupaten Blora akan digelar di anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Setyo Pujiono, S.Sn., mewakili Plt. Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Iwan Setiarso, S.Sos., M.Si mengatakan, sesuai rencana, pentas Duta Seni 2023 Kabupaten Blora akan dilaksanakan pada Minggu 1 Oktober 2023.

“Kita diberi waktu 120 menit. Jam 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Tampilan utama yakni seni barongan Blora Risang Guntur Seto (RGS) berjudul Darma Sang Amijaya. Kemudian ketika adegan Untub dan Nayantaka diselingi dengan Tayuban. Intinya kita tampil dengan kesenian yang sudah tertata,” jelas Setyo Pujiono.

Sebelumnya, juga tampil group seni barongan Sukmo Aji Kusumo dari perantau asal Blora yang melibatkan lebih kurang 21 pemain dan penabuh gamelan.

“Nanti akan mengarak atau menyambut para tamu menuju ke pendopo di anjungan Jawa Tengah TMII,” ucapnya.

Dikatakannya, acara itu menjadi ajang silaturahmi dan menjadi momentum untuk mengenalkan serta mempromosikan potensi yang dimiliki Kabupaten Blora. Tidak hanya di bidang pariwisata dan kebudayaan saja, namun potensi lainnya seperti kuliner khas Blora hingga produk unggulan UMKM Blora ikut ditampilkan di acara itu. (DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...