Berita Terkini

Komisi V DPR RI Tinjau Pembangunan Terminal Cepu dan Bandara Ngloram


Komisi V DPR RI kunjungan kerja spesifik berkaitan dengan sarana dan prasarana transportasi di Kabupaten Blora, Kamis (16/11/2023). Rombongan yang dipimpin Sudewo, ST,MT tersebut, meninjau progress pembangunan terminal tipe A Cepu juga kemudian meninjau Bandara Ngloram, Cepu.

Saat di Blora, Komisi V DPR RI melakukan dialog dan diskusi dengan sejumlah stakeholder dari Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, hingga Pemerintah Kabupaten Blora, dalam hal ini Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si.

“ Kunjungan spesifik Komisi V DPR RI kali ini dilakukan dalam rangka meninjau pembangunan infrastruktur dan transportasi di Kabupaten Blora, sebagai sarana dan prasarana penunjang mobilitas di Provinsi Jawa Tengah,” terang Sudewo.

Dikatakan, saat kunjungan ke Blora, Komisinya juga melakukan pengawasan terkait pembangunan Terminal Tipe A Cepu. Selain juga ada kegiatan Kementerian PUPR yang telah diprogramkan dan perlu mendapatkan pengawasan.

Selain melakukan pengawasan, pihaknya juga menyerap masukan dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Kabupaten Blora, kaitannya dengan sarana dan prasarana transportasi.

“Komisi V DPR RI ingin mengetahui dan menginventarisir kebutuhan dan permasalahan pengelolaan infrastruktur Bandara Ngloram, utamanya terkait pengelolaan sarpras pelayanan di bandara serta pengelolaan terminal penumpang tipe A di Cepu,” tambah Sudewo.

Disampaikan, berkaitan dengan pembangunan Terminal Tipe A Cepu, sampai saat ini terjadi keterlambatan sebesar kurang lebih 13 persen, dimana targetnya harus selesai pada bulan Mei 2024.

“Tadi sudah mendapatkan penjelasan dari direktur sarana dan prasarana Ditjen Perhubungan Darat akar persoalan keterlambatan karena terjadi review desain yang memakan waktu,” paparnya

Karena akar persoalan sudah bisa diatasi, direncanakan keterlambatan itu akan bisa dikejar, dan target tahap pertama sebesar 30 persen pada tahun 2023 itu akan bisa tercapai.

Untuk yang 70 persen selanjutnya akan bisa direalisasikan pada awal tahun 2024 sampai Mei 2023, sehingga 100 persen bisa selesai.

Disampaikan, sebetulnya jumlah armada di Terminal Cepu banyak, juga memadai untuk ditingkatkan status terminal ini menjadi terminal A.

Berkaitan dengan operasional Bandara Ngloram, menurut Sudewo, pihaknya akan memberikan saran kepada Kementerian Perhubungan untuk melakukan studi, survei, untuk mencari akar permasalahan dan menemukan solusi penyelesaian masalah secara permanen.


Pihaknya meyakini bahwa ketersediaan infrastruktur yang baik merupakan mesin utama pendorong investasi, memacu pertumbuhan ekonomi dan distribusi logistik serta pemerataan hasil pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu pemerintah diharapkan dapat bergerak cepat dan inovasi baik dalam bentuk kebijakan dalam kewenangannya maupun dalam bentuk program kerja yang berbasis kerakyatan,” imbuhnya

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman mengapresiasi dukungan dari Komisi V DPR RI yang telah turut memberikan perhatian untuk Kabupaten Blora. Khususnya lewat berbagai proyek strategis nasional, hingga pembangunan sejumlah infrastruktur transportasi.

“Terima kasih Komisi V, atas beberapa proyek strategis nasional di Kabupaten Blora, kami juga mengucapkan terima kasih atas pembangunan terminal Tipe A Cepu meskipun progressnya belum terlaksana dengan baik,” ungkap Bupati Arief.

Termasuk kaitannya dengan Bandara Ngloram, Bupati Arief mengungkapkan, bahwa pihaknya juga terus mendorong agar bandara tersebut bisa dioptimalkan. Pemkab juga melakukan kerja sama dengan BPSDM Kemenhub, mengadakan berbagai event, hingga menggandeng komunitas dan sekolah penerbangan. Termasuk juga menyelenggarakan penerbangan Umroh melalui Bandara Ngloram.

Bupati berharap agar Komisi V DPR dan kementerian terkait untuk bisa terus mendukung supaya infrastruktur transportasi di Kabupaten Blora ini bisa semakin baik, dan semakin bermanfaat untuk masyarakat Blora dan daerah sekitar. (Tim Dinkominfo Blora/Prokompim). 

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...