Seputar Blora

Melegenda, Kuliner Khas Blora Tampil di Layar Kaca SCTV


Aneka kuliner khas Blora ditampilkan di layar kaca dalam event Karnaval SCTV di lapangan Kridosono Blora, Minggu (26/11/2023).

Kuliner khas Blora seperti lontong sambal tahu, satai ayam dan sapi, soto kletuk dan kopi santan dikenalkan Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si didepan para presenter dan artis SCTV.

Tampilan audio visual SCTV itu pun ditonton masyarakat dimana pun berada.

Salah satu pengusaha kuliner yang ikut muncul di layar kaca SCTV adalah pasangan suami istri Solikin dan Susilowati. Ia menyajikan kuliner khas Blora soto klethuk daging ayam dan daging sapi.

Meski hanya berdurasi pendek muncul di SCTV, hal itu membuatnya bangga dan bersyukur bisa ikut mempromosikan potensi kuliner khas Blora di seantero dunia.

“Alhamdulillah, diberi kesempatan dan ikut mengenalkan kuliner soto kletuk khas Blora. Ini berkah bagi saya,”kata Solikin.

Soto khas Blora Mbah Gowak sudah melegenda sejak tahun 1956 yang terletak di Kecamatan Kota Blora. Sejak berdiri, hingga generasi kedua sedapnya soto ini masih bertahan.

Berbeda dengan soto pada umumnya, kuah Soto Klethuk Mbah Gowak ini bening. Rasanya sedap dan ringan saat mencecap kuahnya. Rasa sedap ini berasal dari perpaduan racikan bumbu yang sudah turun temurun, ditambah kaldu ayam kampung untuk bahan kuahnya.

Irisan ayam kampung dan taburan klethuk bercampur dengan bumbu lainnya, membuat soto ini berbeda rasanya.

Sensasi klethuk yang renyah ketika digigit menambah kesan nikmat menyantap soto ini. Maklum, klethuk berbahan dari ketela yang dipotong-potong seukuran dadu kecil.

Lezatnya Soto Kletuk Mbah Gowak terbukti dengan meraih juara satu lomba soto pada tahun 2007 dari Bupati Blora pada waktu itu.
Cukup merogoh kocek Rp10.000 per mangkok kecil dan Rp12.000 per mangkok besar sudah bisa merasakan nikmatnya Soto Klethuk Mbah Gowak.

Susilowati, istri Solikin yang generasi soto klethuk Mbah Gowak mengungkapkan sejak tahun 2017, warungnya menetap di Jalan Gunung Lawu 93E, Tempelan, Blora, Samping Kelurahan Tempelan, buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Sontak, setelah dikenalkan Mas Arief, sapaan akrab Bupati Blora, soto klethuk Mbah Gowak langsung diserbu pengunjung di lapangan Kridosono.

“Wah sedap dan nikmat,” kata Yeti, penikmat soto Kletuk di lapangan Kridosono Blora.

Sementara itu dalam rangkaian acara Karnaval SCTV di Blora juga tampil LKP Merpati Blora dengan menampilkan tari kreasi secara massal. Tidak ketinggalan 100 barongan tampil menarik di lapangan Kridosono.

Sedangkan ratusan guru TK/PAUD se Kecamatan Cepu muncul di layar SCTV dengan menampilkan tarian Kereta Malam. Tari itu menjadi tampilan khusus saat salah satu artis menyanyikan lagu ciptaan H. Rhoma Irama yang dirilis tahun 1973.

Sejumlah artis ibukota, seperti Ruben Onsu, Ben Kasyafani, hingga Kiesha Alvaro menyemarakkan Karnaval SCTV di Blora, Jawa Tengah.

Bertempat di Lapangan Kridosono, Blora, Jawa Tengah, Karnaval SCTV berlangsung selama dua hari berturut-turut, mulai Sabtu 25, November 2023, hingga Minggu, 26, November 2023 dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora.

Sejumlah musisi, seperti Five Minutes, Stevan Pasaribu, Setia Band & Restu, Un1ty, The Virgin, hingga Dadali, serta sederet bintang sinetron SCTV turut memeriahkan acara tersebut.

Pada gelaran hari pertama saja, masyarakat Blora sangat terhibur dengan penampilan Five Minutes, Kiesha Alvaro, Trio Macan, Mahdy Reza, Kevin Faulky, dan Natalie Zen, dengan host yang dipandu oleh Ruben Onsu, Ben Kasyafani, serta Natascha Germania tersebut.

Keisha sendiri merasa takjub dan mengaku menikmati kesenian barongan yang ikut ditampilkan dalam acara itu.

“Itu keren banget, baru pertama kali lihat,” kata Keisha, saat ditemui wartawan, Sabtu (25/11/2023).

Sedangkan pada hari Minggu, musisi seperti Un1ty, Dadali, Tasya Rosmala, The Virgin, hingga bintang sinetron SCTV seperti Ciara Nadine, Fendy Chow, serta Nabila Zavira akan menghibur warga Blora mulai pukul 07.00 WIB.

Sedangkan pada siang harinya, Setia Band & Restu, Stevan Pasaribu, Lala Widi, hingga bintang sinetron SCTV seperti Emyrrazan, Flavio Zavira, serta Samudra Taylor akan menghibur masyarakat Blora mulai pukul 14.30 WIB.

Setelah sukses mengguncang Tegal, Pangandaran, Sumedang, Lubuk Linggau, Cirebon, Purwokerto, dan Karawang beberapa bulan lalu, kali ini giliran Blora yang diramaikan Karnaval SCTV.

Banardi Rachmad selaku Deputy Director Programming SCTV, mengatakan program roadshow Karnaval SCTV ini merupakan tradisi untuk lebih dekat lagi dengan pemirsa SCTV di berbagai kota di Indonesia.

“Berbagai hiburan dan kegiatan kami hadirkan dengan melibatkan langsung musisi hingga bintang sinetron SCTV favorit pemirsa di Lapangan Kridosono selama dua hari berturut-turut,” ujarnya.

Pihaknya berharap warga Blora khususnya pemirsa setia SCTV dapat menikmati persembahan SCTV dari seluruh rangkaian kegiatan Karnaval SCTV bersama seluruh anggota keluarga pada akhir pekan ini. (Tim / Foto : dok).


    Berita Terbaru

    Samin Trans Diminta Tingkatkan Pelayanan
    20 Februari 2024 Jam 18:59:00

    Bupati Blora, H.Arief Rohman berpesan agar Samin Trans meningkatkan pelayanan kepada penumpang...

    Pemkab Blora Komitmen Libatkan Kelompok Rentan Dalam Pembangunan Daerah
    20 Februari 2024 Jam 18:34:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musrenbang Keren untuk keempat kalinya di Pendopo Rumah...

    TMMD Tahap I 2024 Kodim Blora Digelar di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngawen
    20 Februari 2024 Jam 18:23:00

    Program TMMD Sengkuyung Tahap 1 T.A 2024 kini mulai dilaksanakan di Desa Sendangrejo, Kecamatan...