Seputar Blora

Pemkab Blora Raih Penghargaan Menuju Informatif 2023


Pemerintah Kabupaten Blora berhasil meraih penghargaan menuju informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2023 kategori Badan Publik Pemerintah Daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos., MM selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada acara malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang digelar di Patra Semarang Hotel & Convention, Kamis (21/12/2023) malam.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Indra Asoka Mahendrayana menjelaskan, monitoring dan evaluasi penelitian keterbukaan badan publik adalah agenda tahunan yang sudah dilakukan sejak tahun 2016.

Tujuannya untuk mengetahui dan mengukur pelaksanaan keterbukaan informasi publik kepada badan publik melalui tahapan penilaian website dan media sosial kemudian pengisian kuesioner mandiri (SAQ), visitasi dan verifikasi serta presentasi uji publik.

“Tahun 2023 boleh dibilang istimewa karena kami melakukan monitoring dan evaluasi badan publik terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya terhadap 295 badan publik di lingkup provinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Badan Publik yang menjadi obyek monev antara lain pemerintah daerah kabupaten/kota, SKPD provinsi, rumah sakit kabupaten/kota, rumah sakit provinsi dan pusat, serta badan vertikal dan BUMD.

Selain itu, pihaknya juga melakukan Monev terhadap badan publik penyelenggara pemilu yakni Bawaslu dan KPU Kabupaten Kota serta 86 Pemerintah desa yang diusulkan dari masing-masing kabupaten.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana mengucapkan selamat kepada para penerima KIP award.

“Keterbukaan informasi publik ini merupakan salah satu poin penting tentunya untuk mengelola atau mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik kemudian transparan akuntabel,” tegasnya.

Nana berharap, dengan adanya keterbukaan infomasi publik dapat mendorong partisipasi masyarakat, serta mengoptimalkan pengawasan dan partisipasi publik terhadap penyelenggara negara dan badan publik lainnya.

“Termasuk badan atau lembaga penyelenggara pemilu diharapkan bisa mengoptimalkan kinerjanya”, ujarnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blora Pratikto Nugroho dalam penganugerahan tersebut merasa bersyukur bisa meraih predikat menuju informatif bersama sejumlah kabupaten/ kota yang lain di Jateng.

Dengan capaian nilai 83,72 yang diperoleh diharapkan pada tahun-tahun selanjutnya bisa mempertahankan predikat informatif dengan nilai yang lebih baik lagi.

“Terimakasih yang tak terhingga kepada Bupati Blora dan Sekretaris Daerah yang telah memotivasi dan sangat mendukung PPID Kabupaten Blora. Demikian juga OPD terkait selaku PPID Pelaksana yang telah bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan Kabupaten Blora menuju Informatif,” katanya. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Guru di Blora Diminta Ikut Berperan Atasi Anak Tidak Sekolah
    17 April 2024 Jam 16:25:00

    Dalam rangka memberikan layanan pendidikan terbaik kepada masyarakat, Bupati Blora, H. Arief...

    Seleksi Calon Paskibraka 2024, Kaban Kesbangpol Blora : Diharapkan Terpilih Calon Paskibraka Berpotensi Tinggi, Semangat dan Bertanggungjawab
    17 April 2024 Jam 12:33:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) telah...

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...