Berita Terkini

Ribuan Petugas Gabungan di Blora Diterjunkan ke TPS Untuk Amankan Pemilu 2024


Ribuan Petugas gabungan dari unsur TNI-Polri, Satpol PP dan Linmas, diterjunkan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Blora, untuk mengamankan dan memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024.

Sebelum diterjunkan ke sejumlah wilayah, para petugas pengamanan tersebut menerima arahan dari Bupati Blora H.Arief Rohman, S.IP, M.Si dalam Apel Gelar Pergeseran Pasukan, Selasa (13/2/2024) di Halaman Mako Polres Blora.

“Pagi hari ini kami bersama Pak Kapolres Pak Dandim 0721 Blora dan Pak Danyon 410 kita melepas apel pergeseran pasukan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Satpol PP dan juga dari Linmas dalam rangka menjaga TPS yang ada di Kabupaten Blora. Kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Polri, TNI dan juga Satpol dan Linmas yang sudah ikut berpartisipasi dalam rangka mensukseskan pengamanan Pemilu tahun 2024,” terang Bupati Blora Arief Rohman. 

Disampaikan, saat ini, tahapan pemilu sedang memasuki masa tenang, dimana aktivitas kampanye sudah selesai. Pasukan akan digeser ke wilayah sampai dengan TPS-TPS untuk selanjutnya melaksanakan tugas mengawal proses demokrasi, mulai dari masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.

Namun, lanjutnya, belum berhenti sampai disitu saja, pasca pemungutan suara sampai dengan pentahapan rekapitulasi, tugas kita tetap melakukan pengamanan agar situasi kamtibmas yang kondusif tetap terjaga.

“Pesan saya, pahami tugas pokok di TPS! Bawa buku saku yang sudah dibagikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, jaga netralitas, dan laksanakanlah tugas pengamanan ini tanpa harus mengganggu masyarakat dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari,” jelasnya. 

Bupati juga berpesan agar para petugas dapat menggandeng dan melibatkan berbagai unsur masyarakat dalam mewujudkan situasi kamtibmas.

“Di samping tugas pengamanan Pemilu ini juga jangan sampai membuat kita menjadi lengah terhadap ancaman teroris yang dapat terjadi kapan saja, dan dimana saja, untuk itu pelibatan unsur masyarakat dapat terus kita galang bersama-sama, untuk menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif,” imbuhnya. 

Pihaknya berharap agar pelaksanaan pemilu 2024 yang digelar pada 2.977 TPS di seluruh Kabupaten Blora ini bisa berjalan lancar, aman dan kondusif.

“Selamat melaksanakan tugas pengamanan, jaga kesehatan, keselamatan dan patuhi serta pahami tugas di masing-masing penempatan personal. Mari kita jaga bersama kamtibmas ini, agar pelaksanaan pesta demokrasi dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tambahnya. 

Sementara itu Kapolres Blora AKBP Jaka Wahyudi SH, SIK,M.Si mengungkapkan bahwa nantinya dari Polri akan melibatkan berbagai unsur seperti TNI, Satpol PP, dan linmas, untuk melakukan pengamanan Pemilu kali ini.

“Kita dari Polres dan dari TNI, hari ini akan melaksanakan serpas sekaligus langsung mengawal kotak surat suara dari PPS ke TPS sekaligus lagi pengamanan pemungutan suara dan redistribusi kembali ke PPS dan PPK sampai dengan akhir,” papar Kapolres. 

Pihaknya merinci personil yang dilibatkan yakni dari Polri sekitar 352 personil, kemudian dari TNI sekitar 64, juga dengan babinsa dan babinkamtibmas, satpol linmas. Adapun nantinya pola pengamanan yang dilakukan yakni sebanyak 2 personil Polri bersama dengan 32 linmas akan mengampu sebanyak 16 TPS.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati bersama Kapolres, Dandim 0721 Blora, Danyon 410/Alugoro, turut mengecek kesiapan petugas beserta perlengkapan penunjangnya. (Tim Dinkominfo Blora).  

    Berita Terbaru

    Samin Trans Diminta Tingkatkan Pelayanan
    20 Februari 2024 Jam 18:59:00

    Bupati Blora, H.Arief Rohman berpesan agar Samin Trans meningkatkan pelayanan kepada penumpang...

    Pemkab Blora Komitmen Libatkan Kelompok Rentan Dalam Pembangunan Daerah
    20 Februari 2024 Jam 18:34:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musrenbang Keren untuk keempat kalinya di Pendopo Rumah...

    TMMD Tahap I 2024 Kodim Blora Digelar di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngawen
    20 Februari 2024 Jam 18:23:00

    Program TMMD Sengkuyung Tahap 1 T.A 2024 kini mulai dilaksanakan di Desa Sendangrejo, Kecamatan...