Seputar Blora

Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah


Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah dan mendukung pengembangan wisata.

Gayung bersambut, Bank Sampah yang diberi nama Anugerah ini mampu meraih juara III tingkat Kabupaten pada lomba pengelolaan bank sampah 2023 lalu.

Ketua bank sampah Anugerah, Desa Bangowan, Parno mengatakan bank sampah dibentuk sejak, 2022.

"Awalnya dulu ya ragu, namun ya kami coba bentuk dan tawarkan pada masyarakat utamanya ibu-ibu rumah tangga akhirnya banyak yang minat," jelas Parno, Selasa (28/5/2024).

Menurutnya mengembangkan Bank Sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

"Bank sampah ini didirikan karena rasa kurang nyaman terhadap sampah yang berserakan dan sekaligus membantu pengembangan desa wisata Bangowan ini," ucapnya.

Pada awalnya, kata dia, belum semua warga yang mau menabung di Bank Sampah Anugerah karena masih bersifat sukarela dan terbatas.
Namun dengan ketekunan dan lingkungan makin terlihat bersih dan ada hasilnya, maka menabung di Bank Sampah Anugerah mulai banyak anggotanya.

"Saat ini sudah ada hampir 30 an warga yang ikut menjadi anggota bank sampah ini," ucapnya.

Ia mengakui jika hingga saat ini, masih ada warga yang belum memahami konsep bank sampah sehingga ada yang meminta uang atas sampah-sampah yang dikumpulkannya.

"Masyarakat di sini macam-macam, ada yang memang ditabung, ada yang langsung minta dibayar," katanya.

Namun begitu, atas ketekunan dan kepedulian dalam mengelola Bank Sampah Anugerah dan semangat dalam pengelolaan bank sampah bersama dengan seluruh anggota, bank sampah yang sudah jalan 4 tahun ini mampu meraih juara III tingkat Kabupaten pada lomba pengelolaan bank sampah.

"Alhamdulillah terus berjalan dan terus kami kembangkan, juara waktu itu menjadi pelecut semangat bagi warga masyarakat Bangowan dalam mengembangkan bank sampah," tuturnya.

Hanif Masadini Sekretaris Desa Bangowan terus mendukung masyarakat yang ikut menjaga kebersihan Desa dengan konsep menabung sampah ini.

"Kami terus mendukung upaya masyarakat dalam menambung sampah ini," ucapnya.

Hal ini menurutnya mulai sadarnya masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan baik.

"Jika dikelola dengan baik tentunya akan ada dampak positif bagi masyarakat dan jika terus dikembangkan pastinya juga akan ada nilai ekonomisnya," imbuhnya.

Subkoordinator Pengelolaan Sampah DLH Blora, Lindung Arum Setiawan menerangkan bahwa tercatat di TPA 30ton/hari dihasilkan setiap harinya oleh masyarakat khususnya sampah yang berasal dari rumah tangga.

“Jika kesadaran akan kebersihan dan pengelolaan sampah sudah baik, tentu nantinya volume sampah akan bisa berkurang,” tutur Lindung.

Lindung menambahkan gerakan pilah sampah dari rumah bisa mulai digencarkan untuk membangun kesadaran masyarakat memilah sampah rumah tangga di antaranya sampah organik dan yang bisa didaur ulang dimana sampah yang sudah dipilah oleh masyarakat, akan dikumpulkan ke bank-bank sampah.

Sampah bernilai ekonomi seperti botol plastik, kardus dan lain-lain bisa dijual.

Pihaknya mengaku, jika selama edukasi pemilahan sampah ini belum berhasil dilakukan masyarakat, beban TPA akan semakin berat. Pengoptimalan keberadaan Bank Sampah terus disuarakan, bagaimana pemilahan sampah ini bisa berjalan baik di masyarakat.

"Jika kesadaran akan kebersihan dan pengelolaan sampah sudah baik, tentu nantinya volume sampah akan bisa berkurang, meski tidak seutuhnya karena tetap akan ada sisa (residu) yang masuk ke TPA, paling tidak beban sampah di TPA ini akan ringan,” terang Lindung.

"Dan untuk masyarakat Bangowan ini tentunya kami sangat mengapresiasi, semoga keberadaan Bank Sampah ini terus berkelanjutan dan mampu membawa dampak positif," ucapnya.

Hingga saat ini DLH Blora terus berkomitmen untuk terus mendorong dan siap mendampingi terbentuknya bank sampah di seluruh OPD, Sekolah, Kecamatan dan juga Kelurahan/Desa karena merupakan salah satu alternatif dalam pengelolaan sampah langsung dari sumbernya yang dapat meningkatkan ekonomi bagi anggota dan juga berdampak baik bagi kelestarian lingkungan. (Tim Kominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...