Seputar Blora

Dindik Gelar Bimtek Pekerjaan dan Penatausaahan Swakelola DAK


Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menggelar bimbingan teknis (bimtek) pekerjaan dan penatausahaan swakelola dana alokasi khusus (DAK) fisik bidang pendidikan 2024, Senin (1/7/2024). 

Kegiatan tersebut diikuti 31 komite dari sekolah yang mendapatkan DAK, dengan total anggaran mencapai Rp37 miliar. Mereka terdiri dari 1 Komite TK Negeri 2 Blora, 19 Komite SD Negeri, 10 Komite SMPN dan Komite SKB Blora.

Plh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru menyampaikan bahwa dalam pelaksanakan kegiatan pengelolaan fisik sudah melalui diklat pengadaan barang dan jasa yang diselenggarakan oleh LKPP.

“Bidang Sarpras sudah memberikan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak)/Petunjuk Teknis (Juknis) terkait DAK, tetapi kami juga menginginkan Bapak/Ibu dalam melaksanakan kegiatan ini diselimuti rasa nyaman dan yakin apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama siswa-siswi dimana Bapak/Ibu selaku komite mengabdikan dirinya," jelasnya.

Irfan juga menyampaikan apresiasi, swakelola memberikan manfaat yang lebih besar karena dari swakelola tidak ada unsur elemen-elemen keuntungan rekanan dan komponen yang lain. Sehingga murni semuanya diperuntukkan untuk menjamin kualitas itu lebih baik.

"Oleh karena itu bimbingan teknis ini tentunya menambah wawasan dan keyakinan Bapak/Ibu dalam melaksanakan kegiatan ini. Dalam melaksanakan kegiatan ini pun dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyediakan konsultasi, dan sebagainya bahkan nanti dari Inspektorat juga memberikan konsultasi," tuturnya.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Blora, Jatmiko menegaskan, yang terpenting dalam pengelolaan DAK harus sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibuat sebelumnya.

“Tentu semua harus terlaksana dengan baik, yang melaksanakan juga punya kompetensi yang baik, memiliki pengalaman dalam bidang teknis. Sehingga nanti bisa tepat mutu, tepat guna, tepat waktu, dan tepat sasaran. Dalam pengelolaan DAK ini jangan coba-coba fiktif, tolong laksanakan dengan baik. Tujuan pemerintah memberikan DAK ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Blora,” tegasnya.

Kabid Sarpras Sandy Tresna Hadi menyampaikan bahwa sesuai dengan tugas, pihaknya melakukan beberapa tahapan. Pertama melaksanakan sosialisasi, kedua melakukan bimbingan teknis.

"Sosialisasi sudah kita laksanakan bulan lalu kepada Kepala Sekolah dan ketua komite. Kemudian kita laksanakan bimbingan teknis. Ini lebih ke teknis terkait dengan pekerjaannya, bangunannya, juga terkait dengan laporan penatausahaan keuangan,” tegas Sandy. (Tim Kominfo). 

    Berita Terbaru

    Ngecamp di Dewis Bangowan, Bupati Blora Ajak Pegiat Medsos Desa Lebih Kreatif Tebar Informasi
    05 Juli 2024 Jam 13:04:00

    Sebagai bentuk dukungan kepada Desa Wisaata Bangoan, Kecamatan Jiken yang baru-baru ini...

    Anniversary Pertama : Blosmed Kembangkan Potensi Desa Wisata Bangowan
    05 Juli 2024 Jam 09:49:00

    Perayaan satu tahun anniversary, Blosmed melakukan giat NgeCamp Bersama Bupati Blora selama dua...

    Bernuansa Nostalgia, Pengurus APTRI Blora Silaturahmi ke Mantan Gubernur Jateng Bibit Waluyo
    04 Juli 2024 Jam 12:33:00

    Pengurus Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Kabupaten Blora bersilaturahmi ke...