Seputar Blora

Layanan Aduan Wadah Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Pemikiran Kritis


Inspektur Daerah Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, A.P, M.Si mewakili Pemkab Blora menyampaikan laporan aduan masyarakat yang ada di Blora sekaligus aspirasi terkait pengelolaan SP4N-Lapor! agar lebih baik ke depannya.

Hal itu disampaikan pada Evaluasi Penyelenggaraan SP4N-Lapor! pada Pemerintah Daerah (Pemda) yang digelar Kementerian Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam RI) di Hotel Salak The Heritage Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/7/2024).

"Dari pertemuan ini saya sampaikan laporan aduan masyarakat yang ada di Blora sekaligus aspirasi terkait pengelolaan SP4N-Lapor! agar lebih baik ke depannya," jelas Inspektur Daerah Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, A.P, M.Si.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Asisten Deputi Koordinasi kelembagaan dan Pelayanan Publik Menko Polhukam RI, Drs. Agung Pratistho, M.Si. dan hadiri oleh tamu undangan dari 13 pemerintah daerah kabupaten/kota meliputi wilayah Provinsi Serang, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Adapun narasumber dari Pusat Penerangan (Puspen) Sekretariat Jendral Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendag RI) Rega Tadeak Hakim dan dilanjutkan sharing session bersama Pemda Kabupaten Sleman.

Rega Taedak Hakim menyampaikan bahwa layanan aduan adalah wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan pemikiran kritis mereka.

Rega juga menyebutkan terkait kasus-kasus viral beberapa waktu lalu yang membuat layanan aduan pemerintah terkesan lambat dan tidak teratasi, sehingga masyarakat lebih memilih untuk memviralkan pemikiran kritis mereka.

"Kesan lambatnya penanganan layanan aduan membuat masyarakat lebih memilih memviralkan di sosial media bahkan dengan tagar #NoViralNoJustice. Kita tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi," jelas Rega.

Ia juga menjelaskan data rekapitulasi pengaduan SP4N-Lapor! Tahun 2023 terdapat 49.966 jumlah total aduan dengan rata-rata penyelesaian aduan selama 5,5 hari dan 92% penyelesaian aduan.

Dari beragam informasi yang disampaikan Rega berpesan kepada seluruh perwakilan Pemda yang hadir untuk aktif menggunakan platform SP4N-Lapor! Sebagai kanal utama walaupun mungkin setiap pemda memiliki kanal aduannya masing-masing.

Lebih lanjut, Asdep Koordinasi kelembagaan dan Pelayanan Publik Agung Pratistho menarik kesimpulan dari pertemuan ini dan sharing session yang telah dilakukan menjadi bahan pembelajaran,inspirasi, serta kerja sama yang solid dengan berbagai pihak yang terlibat. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Ditinjau Tim Wasev Sterad, Progres TMMD Reguler 122 Kodim Blora Maksimal
    17 Oktober 2024 Jam 18:24:00

    Progres pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 0721/Blora di Desa...

    Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Blora Masa Jabatan 2024-2029 Khidmat Dilaksanakan
    17 Oktober 2024 Jam 14:04:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menyelenggarakan rapat paripurna dalam...

    Sebanyak 4.715 ATS Blora Dikembalikan ke Sekolah
    15 Oktober 2024 Jam 18:52:00

    Sebanyak 4.715 Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Blora telah dikembalikan ke Sekolah sesuai...