Seputar Blora

PWRI Blora Siap Dukung Program Lansia SMART


Persatuan Werdatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Blora menyelenggarakan pertemuan rutin bulanan pengurus, Kamis 10 Oktober 2024 diruang pertemuan PWRI setempat.

Pertemuan berlangsung dinamis penuh dengan suasana keakraban dan suka cita.

Hal itu karena tema yang dibahas dalam pertemuan ini adalah upaya para werdatama atau para purna tugas menghadapi realita hidup dan ikhtiar untuk mengamalkan program Lansia SMART yang diperoleh dari hasil pelatihan di Dinas Kesehatan Kabupaten Blora.

Menurut H.Soedadyo Sekretaris PWRI sesuai informasi yang didapat dari hasil pelatihan program Lansia SMART saat ini di Kabupaten Blora Usia Harapan Hidup (UHH) sudah mencapai 74 tahun.

“Sejalan dengan peningkatan UHH, maka bertambah pula populasi lanjut usia.
Hal ini mengakibatkan peningkatan angka kesakitan akibat penyakit degeneratif,” tuturnya.

Oleh karena itu pertambahan jumlah lansia (lanjut usia) harus seirama dengan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Lansia.

Upaya untuk meningkatkan kualitas Lansia maka di Kabupaten Blora dilaksanakan Program Lansia SMART.

“Maknanya Sehat, Mandiri,Aktif,,Relegius dan Tidak pikun,” terangnya.

Dijelaskannya salah satu upaya untuk meningkatkan pola hidup sehat pada lansia adalah melakukan aktivitas fisik secara teratur dan menerapkan makan dengan gizi seimbang.

Sementara untuk mewujudkan lansia yang mandiri dapat membiasakan diri untuk melakukan berbagai kegiatan sehari hari tidak bergantung pada bantuan orang lain.

Sedang untuk mengisi waktu luang bisa dimanfaat untuk menyalurkan hobi berkebun , berternak , bermusik, membaca, menulis dan berbagai kegiatan sosial lainnya yang bermanfaat untuk orang lain.

Kemudian untuk memantabkan diri dalam menyiapkan bekal ke akherat tingkatkan amal dan ibadah kita.

Baik ibadah bersifat religius maupun bersifat sosial seperti solat wajib lima waktu berjamaah tepat waktu dan kegiatan bersedekah dan berbagi kepada kaum yang belum beruntung.

Dan untuk mencegah agar kita tidak mudah pikun sebagai orang beriman budayakan secara intensif untuk bersilaturahmi dan rajin membaca kitab suci Al Qur'an.

Bukit Effendi yang sering disebut ustad pujangga karena setiap memberi tausiah selalu berpatun berpendapat bahwa SMART itu kepanjangan dari: Sungguh,Manis, Aku, Rindu dan Terpikat.

Mendengar ungkapan itu semua peserta yang hadir bisa tertawa lepas.Untuk meyakinkan ungkapan itu Bukit menjelaskan bahwa Lansia SMART yang dijelaskan oleh Sekretaris PWRI memang ia rindu dan tertarik untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menambah pertemuan makin gayeng dan semarak oleh H.Winarno mantan kepala Inspektorat Kabupaten Blora menambakan bahwa Lansia tidak hanya SMART tapi juga harus BAHAGIA yang merupakan akronim sebagai berikut :
B:Berat badan berlebihan dihindari.

A:Atur makan dengan gizi seimbang.

H:Hindari faktor resiko Penyakit Tidak Menular(PTM),tekanan darah tinggi,penyakit kencing manis,dan penyakit jantung koroner.

A: Agar terus berguna lakukan kegiatan/hoby yang bermanfaat sesuai kemampuan.

G:Gerak Badan teratur wajib terus dilakukan.

I:Iman dan taqwa ditingkatkan dan kelola stres.

A:Awasi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Ketua PWRI Kabupaten Blora Bambang Sulistya menyarankan kepada para purna tugas dalam memasuki tahun politik yang besuk pada tanggal 27 November 2024 akan digelar pemilihan pasangan Calon Bupati dan calon wakil Bupati serta pemilihan pasangan Calon Gubernur dan Calon wakil Gubernur hendaknya semua bisa berperan sebagai panutan dalam pengendalian diri dan menjadi perekat persatuan dan kesatuan umat serta menumbuhkan semangat guyub rukun paseduluran saklawase.

“Hindari sikap sikap egois dan fanatik buta yang memicu permusuhan yang dapat menimbulkan perpecahan,keresahan dan ketakutan umat,” tegasnya.

Bambang Sulistya mengajak untuk menjadikan pesta demokrasi sebagai wahana untuk memilih pemimpin yang amanah dan berkah yang mampu menciptakan perubahan dalam meningkatkan kebahagian dan kesejahteraan umat di Bumi Blora Mustika. (TIM).

    Berita Terbaru

    Atlet NPCI Blora Kembali Panen Medali di Peparnas 2024 Solo
    11 Oktober 2024 Jam 18:54:00

    Sejumlah atlet National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Blora kembali...

    PWRI Blora Siap Dukung Program Lansia SMART
    11 Oktober 2024 Jam 18:48:00

    Persatuan Werdatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Blora menyelenggarakan pertemuan rutin...

    Moncer, Manfaat Olahraga Bersepeda di Pagi Hari
    09 Oktober 2024 Jam 18:02:00

    Aktivitas bersepeda menjadi andalan utama untuk menjaga kebugaran tubuh dan tombo ati (obat...