Berita Terkini

Universitas Negeri Yogyakarta Akan Dirikan Kampus di Blora


Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan segera mendirikan kampus di Kabupaten Blora melalui Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU).

Bertempat di Ruang Rapat Setda Kabupaten Blora, Jumat (11/10/2024), Pemerintah Kabupaten Blora bersama UNY menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas hasil kajian pendirian kampus tersebut.

Rencananya, PSDKU UNY di Blora akan dibangun secara bertahap mulai akhir 2024 hingga 2030 di lahan seluas 5 hektar di Jalan Mr. Iskandar, Mlangsen (Selatan Kantor Kecamatan Blora).

Pembangunan akan mencakup fasilitas akademik, gedung prodi, laboratorium, zona riset, masjid, serta fasilitas pendukung seperti pusat kegiatan mahasiswa, sarana olahraga, dan kantin.

Direktur Kerja Sama, Sistem Informasi, Inovasi, dan Usaha UNY, Darmono, menjelaskan bahwa program studi yang akan dibuka pada tahap awal harus memiliki akreditasi Unggul (A).

“Sesuai dengan aturan Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Program studi yang akan dibuka harus memiliki akreditasi Unggul atau A”
Program studi ini meliputi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Pendidikan Teknik Informatika (S1), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (S1) dan Ilmu Keolahragaan (S1).

Ia juga menuturkan beberapa prodi lain yang sedang dipertimbangkan, seperti Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Seni Kriya.

“jika daya tampung perguruan tinggi lain di Blora masih belum mencukupi, Prodi-prodi ini bisa dipertimbangan untuk dibuka karena berakreditasi Unggul dan memiliki minat yang cukup baik,” tuturnya.

Namun, beberapa Prodi yang minatnya cukup tinggi seperti Psikologi dan Pariwisata masih belum direkomendasikan karena adanya keterbatasan Fasilitas pendukung dan akreditasi.

Terkait fasilitas, Darmono mengungkapkan bahwa PSDKU UNY di Blora akan menghadapi tantangan terkait keterbatasan lahan, khususnya untuk fasilitas olahraga, yang membutuhkan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk pemanfaatan fasilitas bersama.

“Untuk Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) dan Ilmu Keolahragaan keduanya terakreditasi unggul dan membutuhkan fasilitas olah raga yang mencukupi, tidak memungkinkan dibuka tanpa adanya kerja sama kesepakatan sharing fasilitas dengan pemerintah daerah,” terangnya.

Rektor UNY, Sumaryanto, juga menyampaikan bahwa akan ada pembangunan asrama untuk mahasiswa tahun pertama. Namun, hal ini masih akan dipertimbangkan lebih lanjut.

“Nanti akan dibangun asrama yang akan digunakan oleh para mahasiswa hanya 1 tahun pertama, namun ini juga masih akan dipertimbangkan lagi," tambahnya.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, menyampaikan terima kasih kepada UNY dan berharap keberadaan kampus ini dapat mengakomodasi kebutuhan pendidikan anak-anak Blora sekaligus mendorong roda perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Blora.

“Saya berharap semoga dengan adanya kampus vokasi ini, dapat mengakomodasi minat dan keinginan anak-anak Blora yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Selain itu saya juga berharap keberadaan PSDKU UNY di Kabupaten Blora dapat mendorong roda perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Blora," harapnya (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Plt Bupati Berharap Blora Bisa Masuk 5 Besar di Porprov XVII 2026
    13 Oktober 2024 Jam 17:31:00

    Pemerintah Kabupaten Blora dalam hal ini Plt Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, berharap...

    Universitas Negeri Yogyakarta Akan Dirikan Kampus di Blora
    13 Oktober 2024 Jam 14:54:00

    Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan segera mendirikan kampus di Kabupaten Blora melalui...

    DILAUNCHING MENPAN RB, BLORA SIAP IMPLEMENTASIKAN MPP DIGITAL
    12 Oktober 2024 Jam 21:50:00

    Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Blora sudah terintegrasi dengan sistem digital, hal...