Sosial media menjadi salah satu perantara yang efektif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengawali penerapan strategi pemasaran digital atau digital marketing.
Hal ini dapat memudahkan pelaku UMKM untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk mereka.
Dalam hal ini pelaku UMKM dapat memanfaatkan sosial media seperti Instagram, TikTok, dan sosial media lainnya. Selain itu, digital marketing menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional.
Pelaku UMKM dapat menggunakan media sosial dan iklan berbayar tanpa harus mengeluarkan biaya cetak fisik.
Salah satu langkah awal yang baik adalah UMKM sudah dapat membangun hubungan dan kepercayaan melalui branding yang kuat, seperti memiliki satu produk best seller atau yang sudah dikenal oleh pelanggan tetap.
Branding produk yang sudah baik, salah satunya dimiliki oleh ‘Batik Nimas Barokah’ dengan produk batik tulis khas Blora yaitu ‘Batik Pring Tayub’.
Branding produk yang kuat dapat memudahkan UMKM untuk memanfaatkan sosial media sebagai salah satu strategi pemasaran. Dengan pelanggan yang sudah memiliki kepercayaan besar melalui branding yang kuat, maka UMKM dapat lebih cepat untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan atau calon pelanggan.
Strategi yang efektif sebagai awal penerapan strategi pemasaran digital, UMKM dapat memanfaatkan sosial media seperti Instagram dan TikTok untuk meningkatkan branding produk kepada pelanggan atau calon pelanggan.
Pelaku UMKM perlu memilih platform yang sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan dan secara konsisten mengelola konten dengan baik.
Memanfaatkan sosial media sangat penting untuk memperhatikan tren apa saja yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat konten, dan dapat menyesuaikan dengan target pasar yang dituju. (Tim)
_____
Penulis : Dhania Ayu Ninda Sutara,
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret jurusan Manajemen Pemasaran. Sedang menempuh pendidikan semester 5 dan melakukan kegiatan magang mandiri (MBKM) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.