Seputar Blora

Blora 10 K Diikuti Pelari Mancanegara


Salah seorang pelari mancanegara asal Kenya, James Gikunga Karanja menyatakan diri siap berlaga di lomba lari Blora 10 kilometer yang akan digelar Minggu (23/12/2018) di kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

Dia adalah peraih juara pertama lomba lari Semarang 10-K yang diadakan Minggu (16/12/2018).

‘’Tak hanya James, rekan-rekannya dari Kenya dan negara lainnya juga akan ikut lomba Blora Run. Mereka pernah menjuarai sejumlah lomba lari 10-K di beberapa kota di Indonesia,’’ ujar Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Blora, Hery Sutiyono, Rabu (19/12/2018).

Dikatakannya, James Gikunga Karanja sudah tiba di Blora. Bahkan dia diajak mengikuti rapat persiapan lomba di ruang pertemuan Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), Rabu (19/12).

Dinporabudpar merupakan panitia pelaksana lomba Blora Run 10-K yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-269 Kabupaten Blora.

‘’Jumlah total pelari elit mancanegara yang siap tampil di Blora sebanyak sembilan orang, putra dan putri. Jumlah itu dimungkinkan masih akan bertambah lagi,’’ tandas Hery Sutiyono.

Selain James Gikunga Karanja, pelari elit mancanegara yang bakal bersaing memperebutkan hadiah belasan juta rupiah di Blora Run 10-K antara lain, Elizabeth Wanda, Hillary Kipkeny dan Miller Kipreeto. Selain itu, Sharon Jeruto, Denis Isika, Jackline Nzivo, Samson Karega Kamau, Charles Kipkorir Kipsang.

‘’Mereka Minggu lalu tampil di Semarang 10-K dan naik podium. Ada juga yang pernah berlaga di Borobudur Marathon belum lama ini,’’ kata Hery Sutiyono yang juga panitia pengarah lomba lari Blora 10-K.

Jika pelari mancanegara itu benar-benar tampil, berarti ada peningkatan jumlah pelari internasional yang meramaikan Blora Run tahun ini. Di ajang serupa tahun lalu, hanya satu pelari internasional yang ikut. Yakni Samson Karega Kamau.

‘’Para pelari internasional akan bersaing di kategori yang sama. Mereka akan memperebutkan juara satu, dua dan tiga di kategori elit internasional. Sedangkan untuk pelari nasional tak perlu khawatir, kategorinya berbeda dengan mereka,’’ ungkap Hery.

Di lomba lari Blora 10-K tahun ini, panitia membagi empat kategori. Yakni kategori elit internasional dan kategori umum nasional. Kedua kategori itu menempuh jarak 10 kilometer. Sedangkan kategori pelajar nasional Jateng serta kategori pelajar Blora menempuh jarak 5 kilometer.

‘’Panitia masih membuka pendaftaran hingga menjelang lomba,’’ kata Kunto Aji, kepala Dinporabudpar.

Selain bisa mendaftar langsung di kantor Dinporabudpar Blora serta kantor KONI, calon peserta juga bisa mendaftar secara online. Sejumlah nomor whatsapp (WA) telah disiapkan. Diantaranya di nomor 082133656560, 085225562902 dan 081326822476. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...