PENDIDIKAN


Ketersediaan fasilitas dan SDM pendidikan menjadi indikator capaian di bidang pendidikan. Untuk TA 2021/2022, jenjang SD di Kabupaten Blora seorang guru rata-rata mengajar 12 orang murid, jenjang SMP seorang guru rata-rata mengajar 17 orang murid, sedangkan rata-rata beban seorang guru untuk jenjang SMA mengajar 17 orang murid.

APS merupakan ukuran daya serap sistem pendidikan terhadap penduduk usia sekolah. APS yang tinggi menunjukkan tingginya partisipasi sekolah dari penduduk usia tertentu. APS Kabupaten Blora di semua kelompok umur mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan akses penduduk usia sekolah pada pendidikan mengalami peningkatan.

APM berguna untuk menunjukkan partisipasi penduduk pada tingkat pendidikan tertentu yang sesuai dengan usianya sehingga dapat terlihat proporsi penduduk yang dapat bersekolah tepat waktu. Di Kabupaten Blora tahun 2021 terjadi peningkatan APM di semua jenjang pendidikan.

Adapun APK mengindikasikan partisipasi penduduk sesuai dengan jenjang pendidikannya. APK SMA tahun 2021 mengalami penurunan dibandingkan 2020. Di sisi lain, APK SD dan SMP mengalami peningkatan. Secara umum nilai APK lebih besar dibandingkan APM karena APK memperhitungkan jumlah penduduk di luar usia baku yang telah ditetapkan.

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...