KESEHATAN


Kesehatan masyarakat menjadi salah satu indikator kemajuan suatu wilayah. Sehatnya masyarakat berdampak pada produktivitas masyarakat. Salah satu indikator yang dapat menggambarkan kondisi kesehatan masyarakat adalah angka kesakitan. Angka kesakitan yaitu proporsi penduduk yang mengalami keluhan kesehatan hingga terganggu aktivitasnya. Hasil Susenas Maret 2021 menunjukkan bahwa 13% penduduk Blora menderita sakit dalam sebulan terakhir sebelum pelaksanaan survei susenas tersebut.

Kebiasaan yang kurang baik dan membahayakan kesehatan, tetapi masih diminati masyarakat khususnya laki-laki adalah merokok. Hasil pendataan Susenas Maret 2021 menunjukkan bahwa sebanyak 30% penduduk usia 15 tahun keatas mempunyai kebiasaan merokok dengan rata-rata batang rokok yang dihisap setiap pekannya mencapai 80,38 batang.

Di sisi lain, untuk mengetahui kemajuan suatu wilayah juga bisa dilihat dari kesehatan ibu dan anak. Hasil pendataan Susenas Maret 2021 menunjukkan bahwa seluruh persalinan di Kabupaten Blora telah ditolong oleh tenaga kesehatan dan hampir seluruhnya melahirkan di fasilitas kesehatan. Ketersediaan akses dan fasilitas persalinan telah mudah ditemui di Kabupaten Blora. Terkait dengan ketersediaan sarana kesehatan, hasil Podes 2021 menunjukkan bahwa dari 295 desa/kelurahan di Kabupaten Blora, 26 di antaranya sudah tersedia puskesmas. Sedangkan rumah sakit hanya tersedia di 4 desa/kelurahan di Kabupaten Blora.

    Potensi & Wisata

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...