Seputar Blora

Akan Digelar Yoga Bersama di Halaman Rumdin Bupati Blora


Paguyuban senam dan olahraga Yoga Kembang Seroja Kabupaten Blora akan menggelar acara Yoga Bersama diikuti gabungan semua group yang telah terbentuk.

Pelatih senam yoga Kembang Seroja, Dewi Parwati mengatakan acara akan dihelat di halaman rumah dinas bupati Blora, Minggu, 14 April 2019.

“Kami akan menggelar yoga bersama gabungan semua group yoga Kembang Seroja. Waktunya pukul 05.30 WIB di halaman rumah dinas Bupati Blora. Kami sudah mohon ijin dan petunjuk kepada sesepuh yoga Blora, yaitu Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho. Bahkan beliau yang memilih dan menentukan harinya,” kata Dewi Parwati, di Blora, Senin (1/4/2019).

Tujuannya, kata dia, untuk menjalin silaturahmi antar group yoga yang telah terbentuk, sekaligus memasyarakatkan senam yoga di kabupaten Blora.

“Tentu saja agar tetap segar bugar, sehat dan awet muda bersama Yoga Kembang Seroja Blora. Selain emansipasi, Kartini masa kini, harus segar bugar dan sehat serta awet muda,” jelasnya.

Menurut Dewi Parwati, hal itu selaras dengan apa yang disampaikan sesepuh senam yoga Blora Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho yang mengajak para ibu, wanita dan remaja putri di Blora untuk segar bugar, sehat dan awet muda.

“Ibu Umi sebagai sesepuh yoga juga terlihat awet muda,” jelasnya.

Melalui rutin ikut senam yoga, lanjutnya, bisa membakar lemak, menurunkan berat badan, menghaluskan dan menyegarkan kulit.

“Sehingga membangun rasa percaya diri kita. Karena gerakan yoga selalu disertai dengan relaksasi, maka yoga bermanfaat untuk kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, bisa melancarkan peredaran darah, meningkatkan kerja jantung. Kebugaran, stamina dan daya tahan tubuh bisa terbangun baik.

Pendiri paguyuban senam dan olahraga Yoga Kembang Seroja Blora, Purwadi Setyanto menambahkan dalam acara nanti terbagi dua. Yakni satu sesi yoga dipimpin Parwati, dan yang satu sesi akan dipimpinnya langsung, karena khusus yoga terapi.

“Selain itu akan ada peragaan yoga terapi. Langsung segar bugar, dijamin peserta segar bugar sebelum latihan selesai, saat latihan selesai malah segar bugar sekali. Jumlah peserta direncanakan 160 hingga 200 orang,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan senam yoga, bisa meningkatkan fleksibelitas tubuh, membangun otot dan menguatkan persendian. Bisa memperkuat tulang serta mencegah osteoporosis, mengurangi gejala sakit pinggang.

“Yoga juga bisa membangun kerja organ yang lebih optimal, sehingga membantu pengeluaran racun dari tubuh, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Yoga bisa rileks, mengurangi stress dan bahkan mencegahnya,” katanya.

Emosipun bisa dikendalikan dan dikuasai dengan mudah, serta membangun pikiran positif, meningkatkan fokus dan daya ingat.

“Yoga menerima kita apa adanya, kita datang dengan apa yang kita miliki dan dari sana, kita dapat pindah ke sikap atau asana (pose yoga) yang akan membantu kita dari dalam ke luar,” katanya.

Dengan melakukan latihan terus-menerus menciptakan cahaya keseluruhan yang memancar keluar.

Sekadar diketahui, Purwadi Setyanto dan Dewi Parwati adalah pasangan suami isteri yang berhasil memasyarakatkan senam yoga di kabupaten Blora. Keduanya serius belajar senam yoga dan diperdalam dengan mengikuti organisasi hingga mendapakan sertifikasi baik tingkat nasional dan internasional sebagai pelatih yoga. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Terimakasih EMCL, Blora Culture Festival 2024 Sukses Digelar
    07 September 2024 Jam 17:03:00

    Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kab Blora Yeti Romdonah mengungkapkan perasaan bahagia...

    Bupati Blora dan Forkopimda Nayub Bersama 3.000 Penari
    07 September 2024 Jam 16:21:00

    Hari kedua pelaksanaan Blora Culture Festival (BFC) 2024 benar-benar menyusul adanya gelar tari...

    Dinporabudpar Blora Selenggarakan Workshop Management Festival
    06 September 2024 Jam 16:25:00

    Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata Kebudayaan (Dinpurabudpar) Kabupaten Blora...