Seputar Blora

Bawaslu Blora Bersiap Data dan Dokumentasi Hadapi Gugatan Pemilu


Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Lulus Mariyoan, menyampaikan di wilayah kabupaten Blora tidak ada yang mengajukan gugatan setelah pelaksanaan pemilu legislatif (DPRD) setempat.

Demikian hal itu disampaikannya dalam konfenrensi pers bersama sejumlah wartawan di kantor Bawaslu Blora, Kamis (30/6/2019).

“Alhamdulillah di kabupaten Blora, untuk pemilhan DPRD tingkat kabupaten dan provinsi Jawa Tengah tidak ada yang mengajukan gugatan. Artinya bisa menerima hasil Pemilu,” katanya.

Lulus menjelasakan, banyak yang beranggapan pemilihan umum 2019 sudah selesai, namun sejatinya masih ada tahapan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tingkat nasional (Pilpres dan Pemilihan DPR RI) di Mahkamah Konstisusi (MK).

“Kerena ada gugatan di tingkat nasional (pilpres dan pileg) otomatis kami bersiap dengan data dan dokumen yang dibutuhkan,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan telah ditentukan sebagaimana aturan yang telah ditetapkan sampai nantinya ada putusan dari MK.
Kepada wartawan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas kerjasama sehingga upaya pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran Pemilu, bisa tersinergi dengan baik.

“Terimakasih rekan wartawan atas partisipasi yang telah membantu kami bekerja selama ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Sugie Rusyono, Bawaslu Blora, mengatakan pada PHPU ini Bawaslu Blora memberikan data dan dokumentasi sesuai Form-A pengawasan dari awal hingga penghitungan suara.

“Nanti yang disiapkan data dan dokumen sebagai materi untuk memberi keterangan. Jadi dalam hal ini Bawaslu tidak sebagai terlapor atau pelapor, melainkan pemberi keterangan,” jelasnya.

Usai konferensi pers dilanjutkan buka puasa bersama. Suasana cukup akrab, menunjukkan sinergitas yang baik antara wartawan dan Bawaslu beserta jajarannya. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Pasien Apresiasi Tersedianya 23 Alat Cuci Darah di RSUD Blora
    20 September 2024 Jam 21:02:00

    Pelayanan Hemodialisa (HD) atau cuci darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soetijono...

    Cuti, Bupati Blora Arief Rohman Pamitan dan Minta Maaf Kepada ASN
    20 September 2024 Jam 20:41:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, mengajukan pamit kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di...

    Atlet Blora Raih Medali Emas di PON 2024
    19 September 2024 Jam 21:06:00

     Satu hari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera...