Berita Terkini

Peringati Hari Lahir Pancasila Digelar Upacara


Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Blora, Jawa Tengah berlangsung khidmat dan sukses dilaksanakan, Sabtu (1/6/2019).

Selain sejumlah titik pusat lokasi upacara tingkat kabupaten Blora, yakni di halaman kantor Bupati Blora, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Pendidikan, upacara yang sama juga dilaksanakan di sekolah (SD/SMP/SMA/SMK),Perguruan Tinggi, kantor pemerintah, TNI, Polri, BUMN/BUMD.

Di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, upacara dipimpin oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, Aunur Rofiq.

Peserta upacara, di antaranya pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dharma Wanita Persatuan, Aparatur Sipil Negara, mahasiswa dan pelajar SD.

Pengibaran bendera merah putih berlangsung lancar dan khidmat, kemudian dilanjutkan pembancaan teks Pancasila,pembukaan UUD 1945 dan pembacaan sambutan Pelaksana Tugas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Hariyono.

Selanjutnya menyanyikan lagu Garuda Pancasila, dan ditutup dengan doa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora Aunur Rofiq menyampaikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah,” ujarnya.

Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam konteks itulah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo, bahwa memperingati hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, merupakan suatu keniscayaan.

Pertama, kita harus mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Sebagai bangsa yang besar kita tidak meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut “JAS MERAH”

Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Jadi tiga peristiwa penting itu menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan,” kata Aunur Rofiq.

Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Pancasila sebagai ”leitstars dinamis”, bintang penuntun mengadung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan, dan pembangunan bangsa ke depan.

Melalui peringatah hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa da bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, idelogi negara dan pandangan dunia yag dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indoensia,” kata Aunur Rofiq, inspektur upacara hari lahir Pancasila. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Pasien Apresiasi Tersedianya 23 Alat Cuci Darah di RSUD Blora
    20 September 2024 Jam 21:02:00

    Pelayanan Hemodialisa (HD) atau cuci darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soetijono...

    Cuti, Bupati Blora Arief Rohman Pamitan dan Minta Maaf Kepada ASN
    20 September 2024 Jam 20:41:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, mengajukan pamit kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di...

    Atlet Blora Raih Medali Emas di PON 2024
    19 September 2024 Jam 21:06:00

     Satu hari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera...