Berita Terkini

Studi Tiru, Pemkab Puworejo Dialog Tata Pengelolaan Keuangan dan Silaturahmi Ke Kampung Samin


Pemerintah Kabupaten Purworejo melaksanakan kunjungan kerja atau studi tiru tentang pengelolaan keuangan ke Kabupaten Blora, Rabu (3/7/2019).

Rombongan dari Purworejo dipimpin oleh Plt Asisten Sekda Bidang Administrasi dan Kesra, Sumharjono, S.Sos, MM.

Setibanya di Blora, rombongan diterima oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi dr. Henny Indriyanti, M.Kes di Ruang Pertemuan Gedung Samin Surosentiko.

Dalam sambutannya Henny Indriyanti mengucapkan selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke Blora untuk saling bertukar ilmu tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Ini sangat membanggakan bagi Blora karena kedatangan rombongan Pemkab Purworejo. Semoga betah di Blora. Jangan lupa nanti bisa sekalian menikmati kuliner Sate Blora,” ucapnya

Terkait pengelolaan keuangan, dr. Henny Indriyanti, M.Kes menyampaikan bahwa Blora telah melakukan uji coba transaksi non tunai sejak akhir 2017 dan mulai efektif berjalan awal 2018 hingga kini.

“Dengan adanya transaksi non tunai ini, menurutnya ada banyak manfaat. Salah satunya memperkecil celah praktik KKN dan efektivitas pengelolaan keuangan, hingga beberapa penghematan keuangan daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Asisten Sekda Bidang Administrasi dan Kesra, Gentong Sumharjono, S.Sos, MM, menyampaikan terimakasih karena Pemkab Blora telah bersedia menerima kunjungan dari Purworejo.

“Kami datang ke Blora ini untuk melakukan studi tiru, barangkali ada yang bisa kami tiru untuk diterapkan di Purworejo. Khususnya tentang pengelolaan keuangan dengan transaksi non tunai, kami ingin Purworejo bisa seperti Blora,” ujarnya.

Usai penerimaan kunjungan, dilanjutkan dialog teknis tentang pengelolaan keuangan dan transaksi non tunai oleh kedua belah pihak.
Turut mendampingi Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan (Adpem), Drs. Pitoyo Trusingtyas Sarodjo, Kepala Bagian Umum, Ngaliman SP, MMA, Kepala Bagian Humas Protokol, Dra. Mulyowati, MM, Kabid Akutansi BPPKAD, beberapa Kasubag dan Bendahara Pembantu se Setda Blora.

Usai diterima oleh dialog tentang pengelolaan keuangan daerah, rombongan Pemkab Purworejo mengunjungi kampung wisata budaya Samin di Dukuh Blimbing Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong.

Kunjungan ke kampung Samin dipandu Kabag Humas Setda Blora Dra. Mulyowati dan Kabag Adminitrasi Pembangunan Setda Blora Pitoyo Trusingtyas Sarodjo.

Mereka diterima sesepuh kampung samin Sambongrejo, Pramugi Prawiro Wijoyo di pendopo setempat

“Kami merasa senang kedatangan sedulur dari Kabupaten Purworejo, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan,” kata Pramugi.

Selama lebih kurang satu jam, rombongan melakukan tanya jawab sambil lesehan di pendopo setempat.

“Kami ingin mengethui, silaturahmi dan tanya jawab kebih dekat tentang budaya samin, jumlah warga dan pendidikan budi pekerti,” kata Gentong Sumharjono.

Pramugi pun menjawab dan membeberkan beberapa hal terkait pendidikan budi pekerti warga Samin Sambongrejo.

“Jangan iri kepada orang lain, semua manusia sudah ada garis kehidupan masing-masing, tapi jangan lupa tetap usaha yang baik dan tidak merugikan orang lain,” pesan Pramugi. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).


    Berita Terbaru

    Program Variety Show Lincakan Partisipatif Kerja Sama Pemkab Blora, TVRI Jateng dan Sekolah Vokasi Undip
    21 September 2024 Jam 13:22:00

    Pemerintah Kabupaten Blora lakukan penandatanganan kerja sama dengan stasiun Televisi Republik...

    Bawaslu Blora Desak KPU Segera Tetapkan Lokasi Kampanye, Ketua KPU Blora : Tunggu SK
    21 September 2024 Jam 11:23:00

    Jadwal KPU dalam Peraturan KPU No 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan...

    Blora Ekraf Fest 2024 Diharapkan Mampu Promosikan Potensi Ekonomi Kreatif
    21 September 2024 Jam 10:46:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman berharap gelaran Ekraf Fest 2024 ampu mempromosikan potensi...