Berita Terkini

Pilkades Serentak 242 Desa Sukses Dilaksanakan


Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 242 Desa Kabupaten Blora, Jawa Tengah berlangsung sukses, aman, lancar dan kondusif, Minggu (4/8/2019).

Warga yang sudah memiliki hak pilih nampak antusias berdatangan membawa undangan menuju lokasi rapat terbuka pemungutan dan penghitungan suara yang difasilitasi oleh panitia di masing-masing wilayah desa.

Selain itu, usai mencoblos, warga kembali ke lokasi untuk menyimak penghitungan suara.

“Setelah nyoblos saya kembali lagi untuk menyimak penghitungan suara pukul 13.00 WIB sampai selesai,” kata Kasiyanto, warga desa di wilayah kecamatan Kunduran.

Berbagai latar belakang calon kades menyemarakkan pesta demokrasi setelah dinyatakan memenuhi syarat sebagai bakal calon kades oleh panitia setempat berdasarkan aturan yang berlaku.

Di antaranya ada yang berlatar belakang ASN, Pensiunan PNS, Wiraswasta, Petani dan anggota TNI/Polri, termasuk petahana.

Pada pesta demokrasi itu, Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si bersama jajaran Forkopimda, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, S.Sos, M.Si dan Tim Pilkades Kabupaten Blora melaksanakan monitoring.

“Kami pesan kepada seluruh Calon Kades, baik yang menang dan kalah untuk tetap menjaga kondosifitas desanya. Tunjukkan bahwa Pilkades Serentak 2019 ini adalah yang terbaik. Sing enan ojo umuk, sing kalah ojo ngamuk (Yang menang jangan latah, yang kalah jangan marah, red),” ujarnya.

Monitoring juga dilakukan oleh Bupati Blora H. Djoko Nugroho bersama sejumlah tim dengan naik sepeda motor trail. Bupati Blora mengunjungi beberapa desa di Kecamatan Jepon, Randublatung hingga Kradenan.

“Alhamdulillah, beberapa desa yang saya kunjungi semuanya lancar dan aman. Semoga Pilkades serentak Kabupaten Blora 2019 ini bisa menghasilkan Kades yang berkualitas sesuai dengan keinginan masyarakat,” kata Bupati Blora.

Pantauan dan pengamanan juga diperketat oleh jajaram Polres Blora, TNI dan Polda Jateng diantu Linmas dan Sat Pol PP.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blora, Hariyanto menjelaskan ada kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pilkades serentak 2019 setelah sejumlah tahapan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak dilaksanakan panitia hingga nanti calon kades terpilih dilantik.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades sudah berjalan aman. Semoga kades yang terpilih menjauhkn dari rasa umuk (latah) dan menyombongkan diri, serta menyatukan kembali semua pihak demi melayani masyarakat,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat, karena pesta demokrasi telah terlaksana, kembali mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat.

Menurut rencana, lanjut Hariyanto, kepala desa petahana yang terpilih kembali akan dilantik pada HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pelantikan kades untuk incumbent yang terpilih kembali direncanakan pada HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia,” jelasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Aplikasi Sapawarga yang Diterapkan Pemprov Jawa Barat Ingin Ditiru Pemkab Blora
    09 Mei 2024 Jam 14:48:00

    Pemkab Blora ingin Tiru Aplikasi Sapawarga yang diterapkan Pemprov Jawa Barat. Dimana dalam...

    Targetkan Pengelolaan Medsos OPD Berkualitas, Blora Belajar ke Sumedang dan Pemprov Jabar
    09 Mei 2024 Jam 14:41:00

    Puluhan admin media sosial Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Blora belajar...

    Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Blora Akhir Tahun Anggaran 2023
    08 Mei 2024 Jam 20:55:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna dalam acara...