Seputar Blora

Gladi Bersih Upacara Pembukaan Jamda XV


Pelaksanaan gladi bersih upacara pembukaan Jambore Daerah XV tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah dilaksanakan di bumi perkemahan Mustika (eks lapangan golf) Blora, Senin (26/8/2019). Sejumlah pelajar anggota Pramuka yang sebelumnya sudah dilatih sudah siap menjalankan tugasnya.

Gladi bersih berjalan lancar dengan dipantau langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Blora H. Arief Rohman, M.Si didampingi oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Blora H. Slamet Pamuji, SH, M.Hum.

“Dengan gladi bersih dan beberapa tahapan serta pemantapan kepanitiaan, artinya Blora sebagai tuan rumah Jamda ke XV dan peringatan Hari Pramuka ke 58 tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2019 telah siap,” kata Slamet Pamuji.

Dalam gladi bersih selain prosesi upacara seperti pembacaan teks Dasa Dharma, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 juga dimeriahkan tari kreasi binaan LKP Merpati dan kelompok marching band pelajar.

Upacara pembukaan akan dipimpin langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Mabida Kwarda Jateng serta membuka Jamda ke XV di Blora.

“Tentu ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi Kwarcab Blora, oleh karena itu, sebagaimana petunjuk Bupati Blora, semua OPD dilibatkan. Sebab ribuan peserta Pramuka Penggalang se Jawa Tengah akan hadir,” kata Slamet Pamuji, Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Blora.

Bupati Blora Djoko Nugroho juga hadir memberi motivasi kepada para petugas upacara pembukaan Jamda. Terlebih ketika menyaksikan latihan tari kreasi. 

"Kalian semua Top, Matoh. Semangat !" ucap Bupati. 

Sementara itu kebersihan lingkungan di lokasi juga menjadi perhatian oleh Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si.
Sekda meninjau dan keliling didampingi pimpinan OPD terkait, meninjau kebersihan dan meminta ada tempat sampah di sejumlah titik lokasi.

Informasi yang diperoleh dari kesekretariatan Jamda, jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 1.688 peserta terdiri empat regu putra dan putri anggota penggalang dari kwartir cabang se Jawa Tengah. Jumlah tersebut termasuk pembina pendamping dan pimpinan kontingen.

Peserta sudah tiba di lokasi dan mendirikan tenda serta mempersolek seputar lingkungan tenda seperti membuat gapura dari bambu dan memasang asesoris lainnya.

Pada Jamda kali ini, sistem zona akan membantu regu peserta dalam menentukan ploting personil dan pergerakan anggotanya. Sebanyak 8 zona kegiatan bakal dilaksanakan.

Zona Integritas, meliputi kegiatan Kerohanian / Keagamaan, Upacara dan Apel Pengibaran Bendera Merah Putih Selasa, Upacara Penutupan Jamda XV Pramuka Jateng 2019, Upacara Pembukaan Latihan Pasukan Penggalang, Upacara Penutupan Latihan Pasukan Penggalang, Olah Raga, Bela Negara, Persaudaraan Pramuka (Permainan Persaudaraan, Api Unggun, Anjangsana, Pengembangan Toleransi).

Zona Gaul Kekinian, meliputi kegiatan Digital Literasi dan Workshop Vlog, Jamda e-sport Challenge,Robotika, Pengenalan Drone dan Focus Group Disscussion Penggalang Milenial.

Zona Adventure, meliputi Camp Craft, Scout Rescue dan Scout Rally.

Kemudian, Zona Pramuka Peduli, meliputi Waste Manajemen dan Pelatihan Pembuatan Eco Bricks, Pramuka Kader Siaga Bencana Sekolah, Pramuka Peduli Pangan Aman, Penggalang Kader Keselamatan Lalu Lintas.

Seanjutnya, Zona Budaya, meliputi kegiatan Live in Perkampungan Adat Samin, Jamda Carnival, Pentas Seni Budaya, Wisata Edukatif dan Resensi Film.

Zona Pengetahuan, Wawasan dan Keterampilan, meliputi Talk Show, KeSAKAan dan Bengkel Terampil.

Zona Scouting Skill meliputi Jamda Tallent Scouting, Scouting Skill Challenge.

Zona Pramuka Dewasa dengan kegiatan meliputi Pembekalan Pembina Pendamping dan Gelang Ajar.

Rangkaian zona kegiatan dilaksanakan Selasa, 27 Agustus 2019 hingga Sabtu, 31 Agustus 2019 sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. (Dinkominfo Kab Blora).

    Berita Terbaru

    Disdik Blora Berhasil Kembalikan 4.000 ATS ke Sekolah Formal
    12 September 2024 Jam 22:38:00

    Dengan berbagai upaya, Pemkab Blora melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat telah berhasil...

    Blora Targetkan Raih Penghargaan KLA Kategori Nindya di Tahun 2024
    11 September 2024 Jam 16:18:00

    Setelah berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya tahun 2023 dari...

    Bupati Kukuhkan Pengurus DHC BPK 45 Cabang Blora
    11 September 2024 Jam 16:12:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman kukuhkan 23 pengurus dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan...