Berita Terkini

Malam Api Unggun Jamda XV Mengesankan


Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Blora, H. Arief Rohman, M.Si berpesan kepada para peserta Jambore Daerah (Jamda) XV agar menerapkan ilmu yang diperoleh di wilayah masing-masing.

Hal itu disampaikannya ketika memimpin kegiatan penyalaan api unggun di bumi perkemahan Mustika Blora, Jumat (30/8/2019).

“Malam ini adalah malam paling akhir Jamda XV. Saya pesan kepada adik-adik agar ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti Jamda bisa diterapkan dan ditularkan di kabupaten masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, berbagai kegiatan yang telah dikenalkan kepada para peserta Jamda XV diharapkan pula dikenalkan ke kabupaten masing-masing khususnya tentang potensi kabupaten Blora.

“Kegiatan yang dilaksanakan diharapkan bisa mengenalkan tentang potensi Blora di kabupaten masing-masing. Kedepan diharapkan menjadi bekal dalam mencapai cita-cita.” katanya.

Masih menurut H. Arief Rohman, Jamda XV yang dibuka oleh Kamabida Kwarda Jateng Ganjar Pranowo, Selasa (27/8/2019) diharapkan memilikin kesan yang positif karena selain bisa kenal dengan teman dari berbagai daerah, juga bisa saling tukar pengalaman.

Acara penyalaan api unggun yang diikuti oleh ribuan peserta Jamda XV, diawali dengan penyalaan obor oleh Kakwarcab Blora kepada sejumlah petugas pembaca Dasa Dharma.

Setelah satu per satu dari sepuluh obor dinyalakan, kemudian dengan mengambil posisi melingkar di tepi kayu induk perapian yang ada di tengah lapangan para petugas yang membawa obor tadi membaca Dasa Dharma Pramuka, diselingi dengan pentas tari kreasi.
Kemudian, tibalah Kakwarcab Blora H. Arief Rohman, M.Si menekan tombol, menyalakan api unggun.

Suasana menjadi meriah ketika aneka warna kembang api menyala di angkasa disusul dengan kayu api unggun yang menyala dengan terang diiringi nyanyian dan tepuk tangan.

Malam api unggun dimeriahkan pentas seni dari berbagai daerah peserta Jamda dan disuguhkan makanan minuman khas tradisional seperti wedang jahe, keripik dan kerupuk ikan.

Hadir pada acara, di antaranya Ketua Harian Kwarda Jateng Slamet Pamuji, Sekretaris Kwarcab Blora Sri Handoko dan pengurus Pramuka Kwarda Jateng. Warga sekitar nampak ikut menonton suasana penyalaan api unggun.

Sementara itu, upacara penutupan Jamda XV direncanakan akan dipimpin oleh Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo, Sabtu (31/8/2019).

“Jamda di Blora mengesankan sekali termasuk api unggun, semakin menambah keakraban. Tentu ini menjadi pengalaman hidup untuk masa depan,” kata Vina, salah seorang peserta Jamda asal Blora. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Semarak May Day 2024 di Kabupaten Blora
    19 Mei 2024 Jam 10:48:00

    Semarak Hari Buruh Internasional atau May Day 2024 dirayakan dengan penuh semangat di Kabupaten...

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...