Seputar Blora

Kapolres Blora Minta Polsek Jajaran Waspada Isu Aksi Teror


Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H meminta seluruh Polsek jajaran agar mewaspadai isu aksi teror saat perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia di wilayah Blora. Hal itu sebagai antisipasi pesan berantai melalui sosial media yang berisi akan adanya serangan yang dilancarkan kelompok teror.

Menurutnya, Polri memastikan sudah mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan ancaman itu. 

“Isu teror itu sudah beberapa kali muncul di media sosial bahwa mereka akan menyerang dengan bom atau kalau nggak punya, pakai senjata atau mereka akan menabrak Polres. Oleh sebab itu kita harus mengantisipasi hal-hal itu,” kata AKBP Saptono, Senin (14/8).

Meski telah diantisipasi, lanjut AKBP Saptono, hal terpenting adalah masyarakat berpartisipasi dan mewaspadai ancaman aksi teror.

Dikatakannya, personel sudah disiapkan secara maksimal untuk melakukan pengamanan. Seperti kegiatan pidato kenegaraan hari Selasa besok di Gedung DPRD Blora dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan, tanggal 16 Agustus, upacara kenaikan dan penurunan bendera pusaka di alun-alun, karnaval, dan sebagainya.

Personel juga dikerahkan melakukan pengamanan di beberapa objek vital, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya. “Sudah kami siapkan semua antisipasi pengamanan bersama TNI. Jumlah personel pengamanan kita kerahkan maksimal termasuk dengan TNI,” ungkapnya.

Kapolres menekankan kepada seluruh personil yang mengikuti apel pagi agar selalu monitor perkembangan situasi terkait ancaman teror tersebut mulai dari informasi informasi sekecil apa pun tak bisa diremehkan.

Ditegaskannya, setiap ada informasi akan dilakukan pengecekan dan dipelajari terlebih dahulu agar diketahui kebenaran informasi tersebut. Setelah itu kata AKBP Saptono, baru tentukan langka apa yang harus diambil.

Sejauh pihak Polres Blora sudah melakukan langkah antisipasi ancaman teror. Langkah antisipasi itu selain menyiapkan personil juga termasuk dalam menyiapkan alat untuk mencegah serangan teror dengan modus menabrak kendaraan bermotor.

“Ini Polres Blora sudah berusaha mengantisipasi, kita sudah ada alat untuk mengantisipasi menangkal ada mobil-mobil yang nyeblong kita punya alat untuk menghambat, masyarakat diminta tetap waspada di setiap tempat keramaian,” jelasnya.

Selain fokus pada pengamanan, Kapolres juga mengajak untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan. Imbauan untuk memasang bendera merah putih dan dekorasi bernuansa kemerdekaan diminta untuk dilaksanakan.

Seluruh Polsek jajaran dimintanya agar melaksanakan imbauan dan pengamanan giat masyarakat terkait lomba-lomba yang digelar dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

“Yang lebih penting adalah meningkatkan kewaspadaan, masyarakat dimohon untuk tetap waspada jangan terlalu takut dan paranoid. Bagi para personil Polres Blora juga jangan menganggap enteng issue terror ini,” jelas AKBP Saptono.  (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Blora Jadi Pilot Project Pendampingan Pelayanan Kesehatan Calon Pengantin
    25 Juli 2024 Jam 16:05:00

    Blora jadi pilot project program pendampingan calon pengantin (Catin) dari Kementerian...

    Layanan Aduan Wadah Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Pemikiran Kritis
    25 Juli 2024 Jam 15:52:00

    Inspektur Daerah Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, A.P, M.Si mewakili Pemkab Blora...

    KTNA Blora Ikuti Rembug Utama di Tabanan Bali
    25 Juli 2024 Jam 15:11:00

    Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Blora berangkat ke Tabanan Bali untuk...