Seputar Blora

Warga Bangsri Dilatih Keterampilan Membuat Makanan Olahan Berbahan Lokal


Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar pelatihan makanan olahan dengan bahan lokal di desa Bangsri, Kecamatan Jepon.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinperinnaker Kabupaten Blora Purwadi Setiono, SE melalui Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinperinnaker Sugeng Saptono, SP, MMA mengemukakan pelatihan dilaksanakan Senin (21/10/2019) hingga Sabtu (26/10/2019).

“Pelatihan melibatkan 15 peserta terdiri ibu rumah tangga di desa Bangsri, Kecamatan Jepon,” kata Sugeng Saptono, SP.MMA, di Blora, Kamis (24/10/2019).

Pihaknya mengapresiasi semangat dan keseriusan peserta mengikuti pelatihan sehingga nanti hasil dari pelatihan bisa bermanfaat.

“Ini sebagai embrio dengan harapan setelah mengikuti pelatihan, nantinya bisa ditularkan serta dikembangkan sehingga tidak hanya berhenti sampai disini saja, melainkan bisa mengoptimalkan pemanfaatan bahan makanan lokal menjadi lebih bernilai ekonomi,” ujarnya.

Dikatakannya, tujuan dari diselenggarakan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan mengurangi angka pengangguran.

Ada 18 jenis makanan lokal yang diajarkan oleh instruktur seperti donat, tiwul ayu, keripik tempe, pisang, sosis (daging sapi dan ayam), pentol bakso (daging sapi dan ayam), sekalop, aneka kerupuk yang semuanya berbahan lokal serta minuman kelapa kopyor selasih.

“Kalau itu kita tangani dengan serius, kita kemas dengan baik, maka akan memiliki nilai tersediri di pasaran,” katanya.

Menurutnya, setelah dari desa Bangsri, pelatihan yang sama akan dilaksanakan di Desa Gabusan Kecamatan Jati.

“Setelah dari Bangsri, akan dilanjutkan kegiatan pelatihan yang sama di desa Gabusan Kecamatan Jati,” jelasnya.

Kegiatan itu, lanjutnya, merupakan program peningkatan kesempatan kerja, yakni pemberian kesempatan fasilitasi dan mendorong sistem pendanaan pelatihan berbasis masyarakat terhadap pemanfaatan sumber daya yang telah dialokasikan melalui APBD Blora tahun 2019.

Sementara itu Kepala Desa Bangsri Yannata Laga Kusuma, mengucapkan terima kasih kepada Dinperinnaker Blora yang telah memberikan pelatihan keterampilan bagi perempuan di wilayahnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Dinperinnaker Blora, semoga pelatihan keterampilan ini bisa membantu meningatkan kreativitas dan perekonomian warga Bangsri,” katanya.  (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...