Seputar Blora

Minta Dibangunkan Embung di Dusun Poh Gesik


Warga dusun Poh Gesik, Desa Tawangrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah minta dibangun embung sebagai tempat menyimpan air untuk mencukupi kebutuhan warga setempat di musim kemarau.

Hal itu disampaikan oleh Warsidi, salah seorang warga dususn Poh Gesik kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Padmasari Mestikajati, SIP, M.Si dalam acara reses yang dihelat di salah satu rumah warga, Minggu (17/11/2019).

“Kami pernah mengusulkan, sudah disetujui dari pihak desa, namun sampai sekarang belum juga direalisasikan, untuk itu mohon segera dibangun embung di Poh Gesik,” ucapnya.

Menurut Warsidi, embung sangat bermanfaat sebagai tandon air dan membantu kebutuhan bagi warga untuk pengairan sawah dan kebutuhan lainnya ketika musim kemarau.

Usulan itu ditanggapi serius oleh Padmasari Mestikajati. Menurutnya, usulan pembuatan embung harus selesai terlebih dulu di wilayah desa, seperti lahan yang telah disediakan atau disepakati bersama. Kemudian, mengajukan proposal untuk ditindak lanjuti.

“Intinya harus selesai dulu di pihak desa, jangan sampai anggarannya ada, tetapi lahannya tidak siap atau sebaliknya,” ucapnya.

Diakui, sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Partai Golkar, baru pertama kali menggelar reses setelah dilantik beberapa bulan lalu.

Akan tetapi, katanya, intens memperhatikan persoalan kekeringan dan membantu sejumlah tangki air kepada warga desa yang terdampak kekeringan di wilayah Blora dan Grobogan.

“Blora dan Grobogan serta puluhan kabupaten di Jawa Tengah memang termasuk kekeringan di musim kemarau panjang. Kami perhatian dengan mendistribusikan bantuan air untuk membantu warga yang dilanda kekeringan,” jelasnya.

Dalam reses, selain usulan embung, ada juga usulan dibantu pembangunan madrasah dan pembangunan infrastruktur jalan.
“Silahkan dibuat proposalnya,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, selain memberi penjelasan dan arahan juga diserahkan materi reses secara tertulis kepada warga. Reses dihadiri lebih kurang 50 warga dari daerah pemilihan setempat. (Dinkominfo Kab.Blora).

    Berita Terbaru

    Peduli Lingkungan dan Pengembangan Wisata, Warga Desa Bangowan Bentuk Bank Sampah
    29 Mei 2024 Jam 20:49:00

    Warga Desa Bangowan Kecamatan Jiken mengembangkan Bank Sampah sebagai upaya mengurangi sampah...

    Dinkominfo Blora Gelar Rakor Bersama Admin SP4N-LAPOR! Organisasi Perangkat Daerah
    29 Mei 2024 Jam 15:08:00

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar rapat koordinasi bersama...

    Indeks SPBE Meningkat, Bupati Blora : Ayo Sesarengan Bangun SPPBE yang Lebih Baik
    27 Mei 2024 Jam 20:45:00

    Bupati Blora Arief Rohman menghadiri undangan di istana negara dalam rangka mengikuti acara SPBE...