Seputar Blora

Dinkominfo Blora Bentuk Satuan Karya Pramuka Milenial


Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Jawa Tengah telah membetuk kepengurusan Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Informasi Digital (Milenial) yang telah ditetapkan berdasarkan surat keputusan nomor 12 tahun 2019 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blora.

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Blora, Widodo, SPd, M.Pd mengemukakan Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Informasi Digital atau disingkat dengan nama Saka Milenial adalah satuan karya pramuka yang dibentuk bagi anggota muda gerakan pramuka yang meminati pengetahuan dan meningkatkan literasi digital dan TIK terutama menghadapi era industri 4.0.

“Jadi susuan pengurus sudah terbentuk dan telah ditetapkan berdasarkan surat keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blora yang ditandatangani oleh Ketua Kwarcab Blora H. Arief Rohman, M.Si, tertanggal 3 Oktober 2019,” jelas Widodo, di Blora, Selasa (26/11/2019).

Kemudian, untuk pelantikan akan direncanakan 3 Desember 2019 di pendopo rumah dinas Bupati Blora.

“Nanti akan dirapatkan lagi untuk memastikan waktu dan tempatnya,” ucapnya.

Widodo menjelaskan Saka Milenial terbagi beberapa krida, antara lain Krida Literasi Digital dan Internet (Krida Lidinet) yaitu untuk anggota pramuka yang meminati kegiatan terkait penyuluhan, berbagi pengetahuan dan pemanfaatan media digital dan internet yang baik, khususnya kontrol penggunaan media sosial.

Krida Kreasi Animasi dan Multimedia (Krida Kranimedia) yaitu ditujukan untuk anggota pramuka yang menyenangi pembuatan dan pengolahan video, gambar, dan animasi dalam bentuk digital.

Kemudian, Krida Inovasi Perangkat Lunak (Krida Ikat) yaitu untuk anggota pramuka yang lebih minat dalam kegiatan rekayasa perangkat lunak, membuat aplikasi, aplikasi berbasis website, desktop juga mobile.

Krida Telemetri dan Robotika (Krida Teletika) yaitu ditujukan kepada anggota pramuka yang menyenangi pembuatan berbasis radio frekuensi, Internet of Thing (IoT), dan teknologi robotika.

Selanjutnya Krida Pengembangan Teknologi Jaringan dan Big Data (Krida Jarkomdata) yaitu ditujukan untuk anggota pramuka yang meminati pengetahuan dan keterampilan tentang sistem jaringan komputer, keamanan jaringan komputer, teknologi server dan mining data.

“Nantinya akan berkerja sama dengan sejumlah sekolah dan perguruan tinggi. Kalau dasar keppamukaan kami kira sudah banyak dipahami, namun karena ada beberapa krida, itu akan menjadi sasaran literasi yang kami lakukan,” ucapnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Blora Jadi Pilot Project Pendampingan Pelayanan Kesehatan Calon Pengantin
    25 Juli 2024 Jam 16:05:00

    Blora jadi pilot project program pendampingan calon pengantin (Catin) dari Kementerian...

    Layanan Aduan Wadah Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Pemikiran Kritis
    25 Juli 2024 Jam 15:52:00

    Inspektur Daerah Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, A.P, M.Si mewakili Pemkab Blora...

    KTNA Blora Ikuti Rembug Utama di Tabanan Bali
    25 Juli 2024 Jam 15:11:00

    Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Blora berangkat ke Tabanan Bali untuk...