Berita Terkini

Pengurus Saka dan Sako Dilantik Kwarcab Gerakan Pramuka Blora


Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kabupaten Blora melaksanakan pelantikan bersama kepengurusan Satuan Karya dan Satuan Komunitas Pramuka masa bhakti 2019-2024.

Pelantikan dilaksanakan melalui prosesi kepramukaan yang dipimpin oleh Ketua Kwarcab Blora H. Arief Roman, M.Si didampingi Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Blora H.Slamet Pamuji, SH,M.Hum di pendopo kantor Dinas Kepemudaan Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), Selasa (3/12/2019).

Saka dan Sako yang dilantik bersama, yaitu Saka Mitra Inovasi dan Literasi Informasi Digital (Saka Milenial), Saka Widya Budaya Bhakti, Satuan Komunitas Sekawan (Sako) Persada Nusantara dan Satuan Komunitas (Sako) Maarif NU.

“Kami harapkan setelah pelantikan ini segera menyusun program-program kegiatan. Dan tidak lama lagi akan diselenggarakan Kursus Mahir Dasar kepramukaan, kami minta masing-masing Saka bisa mengirimkan perwakilan,” kata Ketua Kwarcab Blora H. Arief Roman, M.Si usai prosesi pelantikan bersama.

Pelantikan bersama dihadiri Waka Kwarda Jawa Tengah Bidang Bina Satuan, Ir. Agung Suparyoko mewakili Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh Supriyanti.

“Pesan dari Kak Siti Atikoh Supriyanti selaku Ketua Kwarda Jateng, bahwa pendidikan karakter kita berikan agar pramuka menjadi benteng bagi generasi muda dan dewasa dari pengikisan moral dan budaya. Teknologi dan globalisasi tentunya akan mempengaruhi budaya. Pramuka harus menjadi benteng,” tandasnya.

Oleh karen itu, setiap Pramuka adalah kantor berita. Setiap Pramuka adalah pewarta.

Pramuka jangan sampai dikuasai sosial media. Pramuka harus bergerak menjadi pewarta yang menyebarkan konten positif. Langkah memerangi hoaks pun harus dilakukan dengan edukasi dengan sosialisasi dan meluruskannya.

“Kalau ada ungkapan pepatah mulutmu harimaumu, namun di era digital ini berganti jarimu harimaumu,” katanya.

Menurutnya, Pramuka selain membentuk karakter menjadi baik, apa yang dikerjakan di dalam kegiatan Pramuka, penuh dengan riang gembira, bersama-sama dan karena dengan sapaan Kakak-Adik, terasa enak dan akrab.

Pelantikan bersama berjalan khidmat diikuti Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Blora Sri Handoko dan pengurus lainnya.

Sementara itu Kepala Dinkomifo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si, selaku Mabisaka Milenial mengucapkan ikrar pelantikan bersama. Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan oleh perwakilan masing-masing Saka dan Sako.  (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...