Berita Terkini

Bakti Sosial, Ratusan Warga Desa Nglebak Terima Bantuan dan Pelayanan


Pemerintah Kabupaten Blora menggelar bakti sosial (baksos) di desa Nglebak, Kecamatan Kradenan, Senin (16/12/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-270.

Baksos dilakukan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil), Dinas Peternakan dan Perikanan (DPP), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Badan Penanggulnag Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Blora.

Baksos dibuka oleh Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Purwadi Setiono mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho di Balai Desa Nglebak. Kedatangannya disambut oleh siswa SD Nglebak dan satu per satu mengajak bersalaman.

“Mewakili Bapak Bupati Blora, kami mengapresiasi kegiatan bakti sosial ini. Harapannya bisa bermanfaat dan mendorong warga untuk berdaya membangun desa. Dan saya yakin di Desa Nglebak sudah ada perubahan dibandingkan ketika saya bertugas selama 15 tahun lalu,” ujarnya.

Kepala Dinsos P3A Kabupaten Blora, Indah Purwaningsih mengatakan ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam baksos di Desa Nglebak.

Yaitu pembagian sembako seperti beras dan gula. Kemudian pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan kebencanaan, pelayanan administrasi kependudukan, pemberian vitamin dan pemeriksaan kebuntingan hewan ternak (sapi dan kambing), penanaman bibit penghijauan, buku bacaan perpustakaan dan kepengurusan perijinan.

Selain itu, kata Indah, dipilihnya desa Nglebak karena dinilai masih ada yang belum tahu lokasi wilayahnya.

“Dan Kepala Desa menyampaikan bahwa Desa Nglebak termasuk wilayah desa tertinggal,” ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kepala Desa, lanjutnya, jumlah penduduk desa Nglebak sebanyak 3.335 jiwa.
Tetapi yang masuk di Basis Data Terpadu (BDT) Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS) ada 2.211 warga.

“Berarti hampir 70 persen warga desa miskin. Untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ada 527 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kemudian Program Keluarga Harapan (PKH) 315,” jelasnya.

Oleh karena itu, berdasarkan petunjuk Bupati Blora, menurut Indah Purwaningsih, yang biasanya dalam baksos hanya diberikan bantuan 100 hingga 150, namun di desa Nglebak sebanyak 200 paket sembako.

“Jadi untuk Desa Nglebak diapresiasi oleh Bapak Bupati Blora. Tetapi dari 200 tadi, Bapak Kepala Desa masih minta tambah lagi 15. Saya sempat tanya, apakah 15 itu sudah masuk BDT, ternyata belum, sehingga segera dilaksanakan Musdes kemudian masuk BDT dan bisa nambah kuota,” terangnya.

Dikatakannya, untuk pelayanan Adminduk dilayani ofline karena sinyalnya kesulitan. Selain itu, dirinya juga meyampaikan terkait BPNT di Nglebak hanya ada satu E-Warung padahal BPNT ada 527 KPM.

“Padahal E-Warung itu maksimal hanya melayani 250 KPM. Sementara E-Warung yang satu tidak bisa melayani karena kesulitan sinyal. Akhirnya warga KPM harus mengambil di daerah lain, sehingga kami mohon petunjuk dari Bapak Bupati Blora,” katanya.
Sedangkan dari DPMPTSP melayani kepengurusan seperti SIUP dan HO.

Kepala Desa Nglebak, Sudarto menyampaikan ucapan terimakasih atas pelaksanaan baksos di wilayah desanya, sebab wilayah desanya termasuk desa tertinggal yang jauh dari pusat pemerintahan kabupaten.

“Terimakasih atas dukungn dari semuanya. Semoga melalui baksos ini mendukung pemerintahan desa dan warga Nglebak baik dari segi pembangunan, informasi, pelayanan dan pemberdayaan,” ujarnya.

Warga setempat tampak senang memperoleh bantuan dan pelayanan kesehatan gratis dari Pemkab Blora.

Sudar, salah satu warga desa Nglebak mengaku baru kali ini desanya menjadi lokasi penyelenggaraan baksos dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora.

“Desa kami memang jauh dari kota sehingga jarang ada bantuan yang datang kesini. Semoga baksos ini bisa dirasakan manfaatnya oleh semua warga desa. Terimakasih untuk Pemkab Blora,” katanya

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah Kepala OPD Blora, Forkompimcam Kradenan, Perhutani, BUMN/BUMD, Kepala Desa sekitar desa Nglebak dan undangan lainya.

Setelah di desa Nglebak kegiatan serupa akan dilaksanakan di desa Wonosemi, Kecamatan Banjarejo, Selasa (17/12/2019).  (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...