Seputar Blora

Bantuan Ayam Petelur Akan Diberikan Kelompok Afinitas Desa Gersi


Kelompok afinitas Tani Sejahtera Desa Gersi, Kecamatan Jepon akan menerima bantuan ayam petelur yang digulirkan melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Jawa Tengah.

Hal itu mengemuka dalam verifikasi Tim DKP Provinsi Jawa Tengah bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Blora kepada kelompok afinitas Tani Sejahtera di balai desa Gersi, Senin (10/2/2020).

“Tujannya untuk meningkatkan usaha ekonomi produktif agar taraf hidup lebih sejahtera dan mandiri,” kata Munawir, salah seorang tim verifikasi DKP Provinsi Jawa Tengah.

Verifikasi, lanjutnya, antara lain untuk mengetahui apakah anggota kelompok afinitas telah terdaftar dalam basis data nasional atau belum.

“Jika belum, bukan berarti tidak dapat bantuan, tetapi akan bergulir untuk berikutnya,” jelasnya.

Menurut Munawir, pada tahun ini ada 64 kelompok afinitas 34 desa dan 14 Kecamatan di Jawa Tengah yang akan menerima bantuan.
Dijelaskannya, afinitas ini merupakan program dari pemerintah yang sudah berjalan sejak tahun 2010.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan DPKP Blora Sudarman mengemukakan, pada tahun 2020 ini ada dua desa yang sedang taraf verifikasi setelah mengajukan proposal.

“Dua kelompok afinitas itu Desa Gersi, Kecamatan Jepon dan Desa Jejeruk Kecamatan Blora,” jelasnya.

Setelah verifikasi dilaksanakan dan disetujui, maka nanti ada 50 KK kelompok afinitas yang mendapat batuan ayam petelur super. Jumlahnya lebih kurag 300 ekor ayam super siap bertelur.

“Untuk juklisnya masih belum kami terima, segera setelah ada juklisnya secara teknis akan kami sampaikan kepada kelompok afinitas,” terangnya.

Kepala Desa Gersi Dinal Candra Jimstark berharap setelah verifikasi ini dilaksanakan agar pengurus kelompok afinitas Tani Sejahtera bisa saling koordinasi dan meminta arahan kepada dinas dan petugas terkait.

“Kami juga berharap kepada Dinas Ketahanan Pangan untuk memberikan arahan dan dukungan agar cita-cita kelompok afinitas ini bisa terwujud,” kata dia. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...