Seputar Blora

Korwil Biddik Dinas Pendidikan Kecamatan Blora Gelar Seleksi FLS2N SD/MI Tahun 2020


Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Tahun 2020 digelar Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan (Korwil Biddik) Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Kamis (27/2/2020).

Ketua Panitia Pelaksana FLS2N SD/MI Korwil Biddik Kecamatan Blora, Surip, dalam laporannya menjelaskan tema yang diusung tahun ini adalah, Seni Membentuk Kepekaan Rasa Terhadap Lingkungan Lokal dan Global.

“Ruang lingkup FLS2N meliputi menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, gambar bercerita dan kriya anyam,” jelas Surip.

FLS2N Korwil Biddik Kecamatan Blora diselenggarakan di SDN 1 Jetis dan Aula Wargo Tunggal untuk seni tari.

Dijelaskannya, latar belakang FLS2N sudah merupakan agenda tahunan dari Kemendikbud.

“Seleksi ini dilaksanakan berjenjang mulai dari kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional. Pada kali ini kita meyelenggarakan seleksi tingkat Korwil Biddik kecamatan Blora,” jelasnya.

Adapun tujuannya adalah memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik SD/MI dalam pengembangan diri.

Mengekpersikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa.

Kemudian, menumbuhkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan.

Menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

Selanjutnya, menumbuhkan sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

“Hasil yang diharapkan, melalui seleksi ini, akan dipilih calon peserta yang nanti akan mewakili Korwil Biddik Kecamatan Blora di tingkat kabupaten Blora. Yaitu juara I masing-masing bidang,” jelas Surip.

Untuk juri masing-masing bidang, kata Surip, sebanyak tiga orang. Panitia memberikan penghargaan setelah ditetapka juara I,II dan III dari masing-masig bidang.

Jumlah masing-masing bidang yang mengikuti FLS2N Korwil Biddik Kecamatan Blora, yakni Menyanyi Tunggal 14 SD/MI, Seni Tari 6 SD/MI, Pantomim 9 SD/MI, Gambar Bercerita 18 SD/MI dan Kriya Anyam 12 SD/MI.

Diperoleh informasi, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD/MI tingkat kabupaten akan dilaksanakan 20 Maret 2020 di Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Saat ini, di masing-masing Koodinator Wilayah Bidang Pendidikan (Korwil Biddik) tingkat kecamatan se Kabupaten Blora menyelenggarakan seleksi yang sama. (Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    Blora Jadi Pilot Project Pendampingan Pelayanan Kesehatan Calon Pengantin
    25 Juli 2024 Jam 16:05:00

    Blora jadi pilot project program pendampingan calon pengantin (Catin) dari Kementerian...

    Layanan Aduan Wadah Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Pemikiran Kritis
    25 Juli 2024 Jam 15:52:00

    Inspektur Daerah Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, A.P, M.Si mewakili Pemkab Blora...

    KTNA Blora Ikuti Rembug Utama di Tabanan Bali
    25 Juli 2024 Jam 15:11:00

    Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Blora berangkat ke Tabanan Bali untuk...