Seputar Blora

Sebanyak 1.863 Paket Sembako Dibagikan Muhammadiyah Blora


Muhammadiyah Blora melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazizmu) membagikan 1.863 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan dan yang terdampak langsung akibat pandemi Covid-19.

Pembagian paket sembako tersebut dalam rangka menyabut bulan puasa serta dalam masa tanggap darurat Covid-19.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Blora Ngastoyo mengungkapkan salah satu program menghadapi tanggap darurat ini adalah ketahanan pangan melalui pembagian paket sembako.

“Salah satu program menghadapi tanggap darurat ini adalah ketahanan pangan melalui pembagian paket sembako,” ungkapnya, di Blora, Rabu (22/4/2020).

Menurutnya, Muhammadiyah sudah mengintruksikan agar seluruh komponen mulai dari ortom, cabang dan ranting, amal usaha (AUM), kantor cabang Lazizmu serta Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) se-Kabupaten Blora berpartisipasi aktif dalam penangganan darurat bencana Covid-19, khususnya di Kabupaten Blora.

“Paket sembako dibagikan langsung kepada kaum duafa, janda dan duda lansia, fakir miskin serta guru yang tidak bersertifikasi,” jelasnya.

Paket sembako tersebut dibagikan di tiap Cabang Muhammadiyah, seperti Blora 300 paket, Cepu 145, Kedungtuban 100, Kradenan 30, Randublatung 115, Todanan 220, Kunduran 150, Jepon 209, PD Aisiyah dan Lazismu Blora Kota 594 paket.

Ketua Pos Layanan Muhammadiyah Cepu, Lukman Hakim mengatakan di Kecamatan Cepu, akan membagikan paket sembako tiap 1 minggu sekali selama masa darurat pademi Covid-19.

“Berdasarkan analisa paket sembako ini habis dikonsumsi dalam satu minggu,” ucapnya.

Sementara itu Ketua PD Muhammadiyah Blora Lilik Sulistyo mengatakan, Muhammadiyah juga telah melakukan upaya pencegahan Covid-19 dengan melakukan pembagian masker dan penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum, sekolah, masjid, tempat ibadah lainnya.

Menurutnya saat pembagian paket sembako diberikan langsung dari rumah ke rumah yang memang sangat membutuhkan.

“Semoga bisa meringankan terlebih lagi menjelang bulan puasa,” terangnya.

Lilik menyampaikan, Muhammadiyah dalam masa tanggap darurat juga menunjuk tim psikososial untuk pendampingan warga yang mengalami dampak dengan metode layanan curhat online dari rumah. Seluruh kegiatan melibatkan Ortom, Pemuda, NA, Aisyiyah, Kokam, Lazizmu. (Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...