Seputar Blora

BNBA KPM BST Kementerian Sosial RI Sebanyak 10.768 Sudah Disalurkan


Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Blora menyampaikan BNBA (by name by address) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI (Kemensos) sebanyak 10.768 sudah berjalan dan sudah 96 % BST Tahap I disalurkan oleh PT Pos Indonesia.

“Termasuk di dalamnya adalah penerima BST Perluasan dari Direktorat Rehabilitasi Kemensos RI untuk para lanjut usia dan penyandang disabilitas sebanyak 299 KPM,” terang Sekretaris Dinsos P3A Kabupatten Blora, Ir. Tedi Rindaryo Widodo mewakili Kadinsos P3A, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si.

Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers laporan dan informasi terkini perkembangan dan situasi Covid-19 di media center Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blora, Selasa (2/6/2020).

Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Pemprov Jateng, berdasarkan hasil finalisasi verval usulan Pemkab Blora Tahap I sebesar 6.089 Penerima Manfaat (PM).

“Rencana penyaluran JPS Tahap I yang awalnya pada akhir Mei 2020, menjadi awal Juni 2020. Untuk BNBA Prov Jateng sudah ada di kantor Pos,” jelasnya.

Bansos JPS yang diberikan berupa sembako senilai Rp200.000,00 untuk jangka waktu tiga bulan (Mei, Juni, Juli) melalui kantor Pos dengan mekanisme penghantaran atau secara komunitas.

Sedangkan untuk JPS Bansos Kabupaten dengan jumlah sasaran sebanyak 14.285 PM penyalurannya sudah dilaksanakan mulai 15 Mei 2020.
Secara bertahap, lanjutnya, akan terus dilaksanakan yang didasarkan pada kesiapan validasi data masing-masing desa/kelurahan dan personel Bank Jateng yang secara bersamaan juga melayani pendistribusian BLT-DD.

“Sampai saat ini capaian jumlah sasaran sebanyak 11.340 Penerima Manfaat,” jelasnya.

Sementara itu untuk perantau yang terdata dari Komunitas Perantau Blora (Kopra) sebanyak 759 perantau.

“Saat ini sedang dalam proses pemenuhan administrasi perantau, agar bansos yang diberikan tepat sasaran,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu pihaknya juga mengajak warga masyarakat untuk menaati peraturan pemerintah untuk melaksanakan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19 secara bersama dan kontinyu.

Seperti tetap menggunakan masker jika keluar rumah, hindari kerumunan yang tidak perlu, senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Sekaligus sebagai persiapan menyongsong era new normal,” ucapnya. (Dinkominfo Kab. Blora).




    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...