Berita Terkini

Konsep New Normal di Blora Direncanakan


Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si selaku Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blora menyampaikan pemerintah kabupaten Blora sedang menggodok, merencanakan konsep new normal atau norma kehidupan baru.

“Sudah dirapatkan kemarin oleh Pak Bupati dan seluruh jajaran,” ucapnya dalam konferensi pers di media center posko GTPP Covid-19, Rabu, (3/6/2020).

Guna mendukung konsep new normal ini, menurut wabup, pada hari Jumat (5/6/2020)  nanti Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai aktif masuk dan diawali dengan olahraga di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Nanti seluruh OPD akan melaksanakan olahraga di masing-masing kantornya. Tentunya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan, yang memberikan semangat, suasananya ini harus kembali ke normal,” jelasnya.

Kemudian, terkait tempat ibadah, lanjut Wabup, pihaknya sudah menerima masukan baik dari para Romo dan Pendeta yang sudah tidak melaksanakan ibadah bersama di gereja.

“Ini sedang kita atur, kita rancang, nanti modelnya seperti apa. Terus kemudian dari kelompok thoriqoh, kemudian dari masjid dan sebagainya serta agama lainnya, terkait konsep new normal ini akan kita rumuskan bersama-sama,” kata Wabup.

Dalam hal ini akan mengundang Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag) dan perwakilan agama.

“Kira-kira usulan bidang keagamaan dengan konsep new normal nanti seperti apa, kemudian kita sepakati dan dilaksanakan terkait new normal di sektor keagamaan,” terangnya.

Selain itu, Wabup juga merespon usulan berbagai kegiatan dan aktivitas seperti Car Free Day, sektor kesenian dan pengaktifan kembali pasar hewan.

“Untuk kesenian masyarakat sudah rindu, seperti wayangan, nanti kita rancang dalam suasana new normal, apakah melalui streaming. Nanti usulannya bagaimana, akan kita bahas bersama biar hiburan juga tetap jalan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk sektor pendidikan, kata Wabup, tetap diputuskan untuk tetap belajar di rumah dahulu karena ada masukan dan kekawatiran dari orang murid.

“Kita lihat perkembangannya, dan untuk anak-anak didik kita konsepnya tetap belajar di rumah,” tandasnya.

Dikatakannya, sebagaimana arahan dari Presiden, diharapkan bisa berdampingan dengan Covid-19 yang membiasakan diri dalam kehidupan normal tetapi tetap saja protokol kesehatan dijalankan.

“Jadi kebiaasan yang sudah kita laksanakan seperti memakai masker, cuci tangan dan sebagainya harus tetap dipatuhi oleh masyarakat,” jelasnya.

Wakil Bupati Blora juga mengimbau kepada warga masyarakat bahwa Covid-19 ini tidak sesuatu yang membuat aib.

“Tolong kalau ada tetangga, masyarakat, yang sekarang sedang diisolasi jangan dijauhi, jangan dikucilkan, karena ini menjadi beban untuk keluarga. Justru harus kita support dan didukung,” ajaknya.

Kepada Camat, Kepala Desa, Lurah diminita memberi semangat khususnya bagi yang sudah sembuh dari positif Covid-19.

“Intinya harus kompak, bersama-sama, dan kami sampaikan terima kasih kepada stageholder yang telah mendukung penanganan Covid-19 di Blora. Kepada paramedis tetap semangat, kita sampaikan apresiasi,” pungkasnya.

Sementara itu berdasarkan update terakhir monitoring data Covid-19 Kabupaten Blora hingga pukul 10.37 WIB, Rabu (3/6/2020) jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) 594, terdiri proses pemantauan 120, selesai pemantauan 473 dan meninggal 1 orang.

Jumlah Orang Dalam Pemantaun (ODP) 936, proses pemantauan 27, selesai pemantauan 906, meninggal 3 orang.

Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 49, pengawasan 5, selesai pengawasan 29. Meninggal menunggu hasil swab 0 orang. Meninggal 10 (PCR Negatif bukan Covid-19) dan 5 orang meninggal.

Kemudian warga yang reaktif rapid test sebanyak 107 orang, terinci reaktif OTG 84, ODP 18, PDP 5.

Berikutnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 30 orang, 22 orang dirawat, sembuh 5 dan 3 orang meninggal dunia.

Berikutnya, jumlah pemudik sampai dengan pukul 21.00 WIB, Selasa (5/6/2020) sejumlah 36.438 orang.

Dalam perkembangannya terkini, menurut Wakil Bupati, pasien positif Covid-19 yang dirawat di Klinik Bakti Padma sudah berkurang jumlahnya dari semula.

“Tinggal 14 orang pasien yang semuanya positif Covid-19. Kita berharap ada yang sembuh lagi,” tambahnya.

Pada konferensi pers kali ini Wakil Bupati didampingi oleh Direktur RSUD dr. R Soetijono Blora dr Nugroho Adiwarso,Sp.Og dan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM), Sunaryo, S.Pd, M.Si mewakili Kepala Dindagkop UKM Blora, Sarmidi, SP, MM.

Direktur RSUD dr. R Soetijono Blora dr Nugroho Adiwarso,Sp.Og menyampaikan bahwa masih merawat pasien di ruang isolasi rumah sakit setempat.

“Alhamdulillah di klinik Bakti Padma, yang semula positif Covid-19 sebanyak 19 orang, hari ini sudah bisa pulang lima orang,” ungkapnya.

Sehingga sisa 14 pasien Covid-19 lainnya diharapkan segera bisa sembuh dan pulang ke rumah masing-masing.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM), Sunaryo, S.Pd, M.Si mewakili Kepala Dindagkop UKM Blora, Sarmidi, SP, MM menyampaikan bahwa harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) relatif stabil dalam seminggu ini, bahkan ada penurunan.

Yaitu gula pasir turun 3% menjadi Rp15.000,00/kg dan daging ayam kampung turun 6% Rp80.000,00/kg.

Selain itu, pihaknya akan menggelar operasi pasar tahap II untuk gula pasir, yaitu di kecamatan Todanan, Kunduran, Banjarejo dan Japah, Senin (8/6/2020).

Kemudian kecamatan Bogorejo, Banjarejo dan Tunjungan, Selasa (9/6/2020). Kecamatan Jepon, Jiken dan Sambong, Rabu (10/6/2020). Selanjutnya Kamis (11/6/2020) kecamatan Kedungtuban, Jati dan Kradenan.

“Harganya Rp10.000,00/kg, dipusatkan di masing-masing pendopo kecamatan dengan cara menukarkan kupon yang dibagikan sebelumnya,” terangnya.

Stok gula pasir untuk operasi pasar tahap II, kata Sunaryo sebanyak 24 ton, masing-masing kecamatan nanti dipasok 2 ton. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...