Seputar Blora

Keluarga Menjadi Faktor Yang Sangat Menentukan Keberhasilan Membangun Kebiasaan Baru


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora Hadi Praseno, S.Sos selaku Sekretaris II Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 menyampaikan penularan virus korona (Covid-19) masih terjadi hingga saat ini sehingga langkah pencegahan menjadi syarat mutlak masyarakat agar aman dan tetap produktif di masa pandemi.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers laporan dan informasi terkini perkembangan dan situasi Covid-19 di media center Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blora, Selasa (9/6/2020).

“Oleh karena itu, edukasi masyarakat terus kita lakukan dalam upaya pencegahan tersebut. Basis keluarga menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan dalam membangun kebiasaan baru di antara anggota keluarga,” ungkapnya.

Menurut Hadi Praseno, apabila setiap keluarga tertanam kebiasaan baru dengan baik, maka pengendalian sebaran Covid-19 akan efektif kita dilakukan.

“Kebiasaan baru itu kita harapkan tumbuh dari kesadaran masyarakat yang ingin aman dari Covid-19,” ucapnya.

Menurutnya, kita melakukan protokol kesehatan bukan karena diperintah oleh siapapun, tetapi melakukan sepenuhnya karena kesadaran diri kita.

Dijelaskannya Covid-19 merupakan penyakit menular yang dapat menular dari orang yang membawa virus kepada orang lain yang rentan untuk tertular sehingga upaya yang aman adalah mencegah supaya jangan sampai tertular.

Karena virus mudah lepas dan menyebar ke sekitar apabila seseoran batuk atau bersin. Maka dari itu, lanjutnya, menjaga jarak lebih dari 1 meter adalah langkah yang terbaik. Menggunakan masker sangat diperlukan ketika berada di ruang publik.

“Kita tidak tahu siapa orang diluar yang mebawa virus ini karena hampir 80% kasus positif adalah pada orang-orang tanpa gejala yang tidak menyadari dirinya membawa penyakit,” jelasnya.

Menjaga jarak, menggunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, tambahnya, merupakan norma baru yang harus kita biasakan sehari-hari jika kita tetap ingin produktif, aman dan tidak tertular oleh Covid-19.

“Keberhasilan masyarakat, agar aman dan produktif dari Covid-19 sangat bergantung dari kedisiplinan dan kesadaran kolektif dari masyarakat,” tegasnya.

Pihaknya berharap dengan tetap bekerjasama menghadapi pandemi Covid-19 ini akan membawa kondisi yang lebih baik bagi masyarakat Blora khususnya dan Jawa Tengah serta Indonesia tercinta. (Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    Kunjungi Menaker, Bupati Bertekad Kurangi Angka Pengangguran di Blora
    18 September 2024 Jam 21:03:00

    Dalam upaya penyediaan lapangan pekerjaan agar angka pengangguran di Blora semakin berkurang,...

    Yayasan TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora Gelar Perayaan Tiong Ciu
    18 September 2024 Jam 08:44:00

    Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora menggelar perayaan Tiong Ciu...

    Dinas PMD Diminta Mengkonsep Dukungan Operasional Tenaga Pendamping Desa
    18 September 2024 Jam 08:34:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman, memikirkan anggaran untuk dukungan operasional para tenaga...