Sambang Kampung Kelor Ngawenombo Kecamatan Kunduran


Bhabinkamtibmas Desa Ngawenombo Polsek Kunduran Polres Blora Polda Jawa Tengah Bripka Dwi Wahyudi Puji menyambangi kampung kelor yang ada di wilayah binaannya, Jumat, (22/1/2021).

Kampung kelor di wilayah kecamatan Kunduran Blora tersebut adalah salah satu Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi yang ada di Kabupaten ujung timur Provinsi Jawa Tengah.

Kampung kelor  sudah terkenal hingga keluar kota dengan produk makanan ataupun minuman yang sudah teruji klinis mempunyai nutrisi yang tinggi.

Bhabinkamtibmas Bripka Dwi Wahyudi turun langsung membantu warga dalam proses pengolahan daun kelor.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk menjadikan daun kelor menjadi sebuah produk makanan atupun minuman yang bernutrisi tinggi.

Bhabinkamtibmas ikut nglorot (bahasa jawa) atau proses pengambilan daun dari pohon sampai tahap pengeringan daun kelor.

Sambil membantu warga, Bhabinkamtibmas menyampaikan imbauan kamtibmas dan protokol kesehatan.

Salah satunya adalah mengajak warga membiasakan 4 M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker serta menghindari kerumunan untuk antisipasi Covid-19.

Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga memberikan motivasi kepada para karyawan agar selalu semangat dalam beraktivitas, jika perlu harus selalu ada inovasi produk kelor, sehingga pelangganpun tidak bosan karena selalu ada varian yang baru.

"Dengan langsung ikut membaur bersama warga, tentunya akan muncul kedekatan emosional, dan jika sudah terjalin hubungan emosi yang baik, maka akan lebih mudah untuk menggali informasi ataupun menggerakkan warga juga menyampaikan imbauan imbauan kamtibmas," kata Bhabinkamtibmas.

Apalagi kampung kelor Kunduran atau yang lebih terkenal dengan sebutan Puri Kelor Indonesia (Kelorina) ini memperkerjakan beberapa karyawan.

Disini, pengunjung tidak hanya diajari menanam kelor saja. Tetapi mulai dari pengolahan tanah, pembibitan, perawatan, pemanenan hingga pengolahannya diajarkan semuanya dengan detail.

Sehingga nutrisi kelor yang terkandung di dalam daunnya tetap terjaga dengan baik. Bahkan cara memasak kelor juga diajarkan, baik untuk sayuran, obat kesehatan, hingga aneka jajanan bergizi tinggi.

"Untuk itulah, kita disini mengajak warga agar selalu membiasakan protokol kesehatan saat beraktifitas apalagi dengan kegiatan yang padat. Ingat, Virus Corona masih belum mereda. Jadi harus selalu waspada," tambah Bhabinkamtibmas.

Yuni, salah satu karyawan Puri Kelorina mengapresiasi kedatangan Bhabinkamtibmas ditempatnya bekerja.

Dengan kehadiran Bhabinkamtibmas dirinya bersama kawan  menjadi lebih tenang, dan lebih aman.

"Tentunya dengan kehadiran petugas kepolisian kami menjadi lebih tenang, apalagi pak polisinya ikut membantu malah makin cepat selesai pekerjaannya," kata Yuni.

Sementara itu, Kapolsek Kunduran AKP Lilik Eko Sukaryono menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendorong anggota, terutama Bhabinkamtibmas agar selalu aktif turun ke desa binaan.

"Jika kita aktif di desa binaan, tentunya pelaksanaan tugas kepolisian menjadi lebih mudah. Dan sudah semestinya kita harus menjalin sinergi dan kemitraan dengan siapa saja," kata Kapolsek Kunduran. (Tim Dinlominfo Blora/Tim Humas Polres Blora).

    Berita Terbaru

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...