Seputar Blora

DPUPR Blora Gelar Sosialisasi Pelaksanaan P3TGAI Tahun 2021 Tahap I


Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora menggelar sosialisasi pelaksanaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) tahap I tingkat Kabupaten, Rabu (24/3/2021) di ruang pertemuan dinas setempat.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas PUPR Kab. Blora, Ir. Samgautama Karnajaya,MT didampingi Kabid Sumber Daya Air (SDA) Wilayah I selaku anggota Tim Pelaksana Balai, Surat,ST,MT.

Hadir para kades dan ketua P3A dari 24 Desa Penerima kegiatan P3TGAI dari Kementerian PUPR melalui BBWS Pemali Juana Semarang.

"Di masa pandemi seperti ini, kita sangat mengetahui penurunan kebutuhan ekonomi, sehingga dilakukan pekerjaan P3TGAI untuk mendongkrak kontribusi pertumbuhan ekonomi," terang Kepala DPUPR Blora.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini mempunyai dua tujuan yaitu untuk meningkatkan kinerja irigasi yang menjadi kewenangan kab/kota.
Kemudian untuk kesejahteraan dan perekonomian petani sekitar, sekaligus memberi kontribusi terhadap ketahanan pangan.

"Kami minta para ketua P3A dan kades dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik, patuhi pelaksanaan pekerjaannya sesuai dengan juknis, dan tunjukkan bahwa hasil pekerjaannya bisa baik, libatkan masyarakat setempat untuk bisa ikut bekerja sebanyak-banyaknya," kata Samgautama Karnajaya.

Disampaikan, jika nanti para ketua P3A dan kades dapat menunjukkan kinerja yang baik maka ini akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah pusat dapat memberikan bantuan kegiatan ini secara berkelanjutan untuk memperbaiki jaringan irigasi kecil sampai tuntas diwilayah desanya masing-masing.

Tujuan berikutnya, dari adanya kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan maupun peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Dijelasakannya, pada tahun 2021 tahap I, Kabupaten Blora mendapat alokasi kegiatan sebanyak 24 desa yang memiliki daerah irigasi yang menyebar di Kecamatan Blora, Jepon, Bogorejo dan Todanan.

"Ini merupakan kegiatan padat karya masyarakat kelompok tani melalui P3A untuk pembangunan, peningkatan maupun rehabilitasi jaringan irigasi kecil yang ada di desa," tambahnya.

Diharapkan kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan infrastruktur jaringan irigasi kecil desa agar tetap dapat berfungsi untuk pengairan sawah irigasi.

"Kegiatan padat karya ini juga sebagai upaya dalam rangka pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional agar masyarakat petani tetap dapat bekerja dan menerima penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat petani di tengah pandemi COVID-19," jelasnya.

Sementara itu Kabid Sumber Daya Air (SDA) Wilayah I selaku anggota Tim Pelaksana Balai, Surat,ST,MT menambahkan kegiatan berlangsung tertib dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Aplikasi Sapawarga yang Diterapkan Pemprov Jawa Barat Ingin Ditiru Pemkab Blora
    09 Mei 2024 Jam 14:48:00

    Pemkab Blora ingin Tiru Aplikasi Sapawarga yang diterapkan Pemprov Jawa Barat. Dimana dalam...

    Targetkan Pengelolaan Medsos OPD Berkualitas, Blora Belajar ke Sumedang dan Pemprov Jabar
    09 Mei 2024 Jam 14:41:00

    Puluhan admin media sosial Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Blora belajar...

    Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Blora Akhir Tahun Anggaran 2023
    08 Mei 2024 Jam 20:55:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna dalam acara...