Seputar Blora

45 Warga Desa Sambong Terpapar Covid-19, Enam Warga Dievakuasi Ke Ruang Isolasi Terpusat


Blora - Petugas gabungan  terdiri dari anggota Polsek Sambong Polres Blora Polda Jawa Tengah bersama anggota Koramil Kodim 0721/Blora dan Satpol PP serta instansi terkait lainnya meningkatkan kegiatan pencegahan Covid-19 di desa Sambong, Kamis, (17/6/2021).

Untuk diketahui, ada 45 warga satu RT di Desa Sambong, Kecamatan Sambong terpapar Covid-19 sehingga dilakukan micro lockdown. Belum diketahui pasti dari kluster mana sumber terpaparnya 45 warga tersebut.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK melalui Kapolsek Sambong Iptu Rustam, SH menyampaikan bahwa saat ini lokasi satu RT di desa Sambong dilakukan penjagaan oleh petugas gabungan.

Bahkan pada lokasi tersebut terus digencarkan upaya pencegahan penularan Covid-19. Seperti penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan patroli woro woro imbauan protokol kesehatan.

"Polsek Sambong bersama Koramil akan mendukung penuh, segala upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dengan mikro lock down ini diharapkan dapat memutus mata rantai penularan Covid-19, terutama diwilayah Sambong," beber Kapolsek Sambong.

Sementara itu Plt. Kepala Puskesmas Sambong, Eny Purwaningsih ketika dikonfirmasi mengatakan 45 warga di Sambong yang terdeteksi covid terlokalisir dalam satu RT.

‘’Untuk menekan penyebarannya telah dilakukan micro lockdown di 1 RT tersebut,’’ jelas Eny.

Dikemukakan, dalam rangka lockdown itu, semuanya telah dipersiapkan, mulai  obat – obatan, pengawasan kesehatan dan pengawasan ketat sudah dilakukan. Demikian juga untuk logistik juga sudah disalurkan ke masyarakat setempat.

Plt Kepala Dinkes Blora, Edy Widayat ketika dikonfirmasi membenarkan adanya puluhan warga di satu RT di Sambong yang terkena Covid-19.

‘’Memang benar, kalau jumlah persisnya tanyakan langsung ke staf,’’ jelasnya.

Edy mengimbau kepada warga untuk tetap terus disiplin protokol kesehatan akibat kasus Covid-19 di Blora masih menunjukan tren naik,

Sementara itu menyikapi warga terpapar Covid-19 di wilayah setempat petugas gabungan melakukan evakuasi enam warga yang terpapar Covid-19.

Keenam warga tersebut dievakuasi menuju lokasi isolasi terpusat yang ada di Hotel Mega Bintang Kecamatan Cepu.

Dalam upaya percepatan penanganan Covid-19, pemerintah Kabupaten Blora telah menyiapkan lokasi isolasi terpusat tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan. Dengan tujuan utama untuk menekan penularan Covid-19.

Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK melalui Kapolsek Sambong Iptu Rustam, mengungkapkan bahwa ke enam pasien Covid-19 tersebut berasal dari desa Ledok dan desa Brabowan.

"Evakuasi kita jaga dan kita kawal, ada 4 warga desa Ledok dan 2 warga desa Brabowan yang kita pindahkan ke ruang isolasi terpusat di Hotel Mega Bintang Cepu," ungkap Kapolsek Sambong, Kamis, (17/6/2021).

Dimaklumi, tidak mudah melakukan evakuasi terhadap pasien Covid-19 menuju lokasi isolasi terpusat, butuh kesabaran untuk memberikan pengertian kepada warga.

"Alhamdulilah dengan kerja sama yang baik, ke enam warga berhasil kita evakuasi. Semoga segera diberikan kesehatan," kata Kapolsek Sambong. (Tim Dinkominfo/Humas Polres).

    Berita Terbaru

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...