Berita Terkini

Puskesos-SLRT Harus Semakin Gencar Disosialisasikan


Adanya Gedung Sekretariat Pusat Kesejahteraan Sosial - Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (Puskesos-SLRT) di Kabupaten Blora, tepatnya di Gedung Samin Surosentiko menjadi angin segar dalam upaya menghadirkan pelayanan yang optimal di bidang sosial bagi warga yang kurang mampu.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM ketika mewakili Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si saat memimpim rapat koordinasi untuk meningkatkan pelayanan SLRT bersama dengan Baznas Kab. Blora dan OPD terkait di Aula Dinsos P3A Kab. Blora pada Rabu (3/6/2021).

Tri Yuli mengungkapkan, usai Puskesos-SLRT di launching pada awal Juni 2021 lalu dan sudah ditetapkan oleh Kemensos RI, upaya-upaya untuk peningkatan layanan akan terus dilakukan. Termasuk, layanan SLRT agar semakin gencar dilakukan.

"Setelah peresmian SLRT yang merupakan salah satu program 99 Hari kerja kami, saya pikir untuk sosialisasi SLRT ini masih perlu ditingkatkan agar semakin banyak masyarakat yang kurang mampu kita bantu” ucap Wabup.

Dikatakannya, cara-cara kreatif seperti sosialisasi menggunakan video pendek, hingga melibatkan petugas yang ada di pelosok-pelosok desa dapat dilakukan agar layanan Puskesos-SLRT dapat diketahui masyarakat.

“Sehingga masyarakat semakin tahu bahwa Pemerintah Kabupaten Blora saat ini memiliki dua mal pelayanan yakni MPP untuk perizinan dan sebagainya, serta Puskesos-SLRT mal khusus untuk memberikan pelayanan untuk masyarakat kita yang kurang mampu secara mudah,"ucap Wabup.

Untuk itu, pihaknya juga mengajak seluruh stakeholder untuk bersinergi dalam memberikan pelayanan Puskesos-SLRT.

“Saya ingin ada sinergitas antara beberapa stakeholder yang intinya kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat kita yang memang benar-benar membutuhkan” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup mendorong agar fasilitas-fasilitas maupun daya dukung yang terkait dengan pelayanan SLRT dapat ditingkatkan. Juga agar data DTKS untuk selalu diperbaiki dan diperbaharui.

Selain itu, pihaknya turut mendukung usulan untuk disiapkannya rumah singgah di Blora dalam rangka memberikan pelayanan sosial.

“Bahwa kita memang perlu rumah singgah dan ada wacana di bekas Puskesmas Jepon, dengan kita memanfaatkan itu (direnovasi) untuk menjadi rumah singgah atau perlu membangun baru. Tolong coba nanti dipertimbangkan seperti apa,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3A Kab. Blora Dra. Indah Purwaningsih, M.Si mengatakan adanya Puskesos-SLRT ini untuk memberikan layanan sosial pada masyarakat kurang mampu di Kab. Blora.

“Sasaran dari Puskesos-SLRT ini terdiri dari perseorangan, keluarga, kelompok dan atau masyarakat yang karena hambatan atau gangguan tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya sehingga memerlukan pelayanan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidupnya” ungkapnya.

Pihaknya turut menyampaikan usulan-usulan agar pelayanan Puskesos-SLRT dapat semakin ditingkatkan. Mulai dari fasilitas, sinergitas antar OPD dan lembaga, hingga usulan rumah singgah.

Terlebih adanya Puskesos-SLRT di Blora telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Alhamdulillah, Puskesos SLRT di Kabupaten Blora ini sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI melalui SK Dirjen Pemberdayaan Sosial,” kata Indah.

Sedangkan Ketua Baznas Kab Blora KH. Ali Muchdor mngungkapkan kesiapannya untuk mendukung Pemkab Blora dalam menghadirkan pelayanan bagi masyarakat kurang mampu melalui Puskesos-SLRT. Juga dalam upaya-upaya pengentasan kemiskinan.

"Baznas pada prinsipnya siap membantu Pemerintah Kabupaten Blora dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Kita juga siap membantu masyarakat yang memang benar-benar miskin dan tidak mampu sehingga tepat sasaran. Kita juga minta agar data-data yang ada diperbaiki dan diperbarui,"ucap Ketua Baznas.

Hadir pada kesempatan tersebut, jajaran pimpinan Baznas Kab. Blora, Perwakilan Bappeda Kabupaten Blora, Kabid di Dinas Sosial P3A Blora. (Tim Dinkominfo/Tim Liputan Prokompim)

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...