Berita Terkini

Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024


Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora, Kamis, 2 Mei 2024.

Rangkaian upacara berlangsung khidmat dan tertib mulai dari penghormatan, pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 hingga doa.

Peserta upacara terdiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan guru, pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa dan pegawai Aparatur Sipil Negara Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Sebagian peserta upacara mengenakan pakaian adat Nusantara. Bupati H. Arief Rohman, bersama jajaran OPD dan para peserta upacara mengenakan pakaian adat nusantara.

Bupati mengenakan busana adat Jawa Tengah dengan beskap warna hijau tua, kain jarik, dan blangkon trepes gaya Surakarta. Sedangkan pelajar memakai pakaian seragam sekolah masing-masing.

Pada upacara peringatan Hardiknas 2024 Bupati Blora membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.
Menteri Nadiem Anwar Makarim mengatakan Wajah baru Pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar.

Dikatakannya, kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas.

“Kita sudah melihat lagi guru-guru yang bernai mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi apra mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” kata Mendikbudristek.

Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin Gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai Gerakan yang berkelanjutan.

Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan.

“Waktu yang bergulir membawa pada akhir masa pengabdian saya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Namun, ini bukanlah titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar,” kata Menteri Nadiem.

Menteri Nadiem Anwar Makarim menitipkan harapan Merdeka Belajar kepada para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

"Selamat Hari Pendidikan Nasional. Meri terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar," pungkasnya.

Setelah membaca pidato Mendikbudristek, Bupati Blora Arief Rohman, menambahkan bahwa mulai Tahun Pelajaran 2024/2025 nanti program Sekolah Sisan Ngaji (SSN) akan dimulai pelaksanaannya secara serentak dan menyeluruh di seluruh jenjang mulai TK, SD, hingga SMP.
Pihaknya berharap seluruh elemen pelaksana pendidikan bisa turut menyukseskan program ini.

"Tolong SSN juga turut di sukseskan untuk membentuk karakter anak anak Blora yang lebih baik lagi. Termasuk penanganan ATS atau Anak Tidak Sekolah (ATS) juga harus dilanjutkan. Semua anak Blora usia sekolah jangan sampai ada yang tidak sekolah. Kami minta agar semuanya didata, dan diidentifikasi penyebabnya agar bisa dicarikan solusi bersama. Pendidikan merupakan modal utama pembangunan SDM yang unggul," tegas Bupati. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...