Bupati Blora Apresiasi Inovasi SIPAKON Untuk Guru


Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas inovasi peluncuran (launching) aplikasi Sistem Informasi Penilaian Angka Kredit Online atau SIPAKON oleh Sujianto, SE., MM., Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.

Peluncuran (launching) aplikasi SIPAKON dilaksanakan di Aula C Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Kamis (28/10/2021) dengan dihadiri dan disaksikan Kepala Dinas Pendidkan Kabupaten Blora Hendi Purnomo, S.STP., MA., Kepala BKD Blora Drs. Heru Eko Wiyono, M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan, Sunaryo, S.Pd., M.Si., serta pendidik, kepala sekolah dan sejumlah pejabat OPD terkait.

Melalui sambungan gawai dalam acara itu, secara virtual, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si atas nama Bupati Blora menyampaikan ucapan selamat kepada Sujianto yang sudah berinovasi dengan judul SIPAKON atau Sistem Informasi Penilaian Angka Kredit Online.

“Semoga dengan inovasi yang ada ini bisa memberikan manfaat, khususnya untuk para guru. Dan tentunya nanti terus diperbaiki sistemnya, diperbarui, dibina BKD dengan Kominfo dan Dinas Pendidikan agar penelitian yang sudah dilakukan ini bisa ditindaklanjuti, bisa bermanfaat untuk guru dan nantinya akan berlanjut ke inovasi yang lain. Sekali lagi, selamat,” kata Bupati Blora.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidkan Kabupaten Blora Hendi Purnomo juga mengungkapkan rasa senang adanya peluncuran SIPAKON sehingga diharapkan memudahkan pelayanan bagi guru.

“Mudah-mudahan Dinas Pendidikan bisa melayani angka kredit dengan mudah, murah, cepat terbuka dan terintegrasi bagi bapak ibu guru,” ucapnya.

Apresiasi dan dukungan senada juga disampaikan Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si, Kepala Dinkominfo Blora Drs. Sugiyono, M.Si dan Kepala BKD Blora Drs. Heru Eko Wiyono, M.Si melalui tayangan testimoni peluncuran SIPAKON.

Sebelumnya, setelah melalui survei dan proses, kemudian dilakukan sosialisasi dan bimtek penggunaannya kepada para guru dan tim penilai.

Sujianto mengaku aplikasi SIPAKON itu diwujudkan dalam rangka Diklat Kepemimpinan Administrator Angkatan VII di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

“Saya mengucapkan terimakasih sekali kepada Bapak Bupati Blora, disela-sela kegiatan yang begitu padat, telah berkesempatan menyampaikan apresiasi dan testimoninya serta dukungannya kepada kita sekalian, utamanya di Dinas Pendidikan,” kata Sujianto.

Mantan Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Blora itu mengemukakan perlunya terus berupaya mengefektifkan pelayanan dengan memaksimalkan teknologi.

“Salah satunya melalui aplikasi SIPAKON atau Sistem Informasi Penilaian Angka Kredit Online,” terangnya.

Melalui Aplikasi SIPAKON, jelas Sujianto, maka dalam pengajuan angka kredit, seorang guru bisa melakukan pengajuan di tempat masing-masing tanpa harus tatap nmuka dengan penilai secara langsung.

“Diharapkan sistem ini akan semakin efisien dan mamangkas waktu, serta semakin cepat. Hasil penilaian bisa dilihat secara langsung oleh guru,” jelasnya.

Gol dari aplikasi tersebut adalah surat penetapan angka kredit yang ditandatangani secara elektronik oleh Kepala Dinas Pendidikan.

“Aplikasi ini juga memudahkan outentivikasi (pengabsahan) dokumen,” jelasnya. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Gerak Cepat, Bupati Arief Bantu Korban Kebakaran Desa Jepangrejo
    31 Januari 2023 Jam 08:16:00

    Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., gerak cepat langsung datangi dan berikan bantuan kepada...

    FPTI Blora Optimis Raih Medali Lebih Banyak di Porprov 2023
    31 Januari 2023 Jam 08:11:00

    Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Blora, menargetkan lebih banyak meraih medali di ajang...

    Ditlantas Polda Jateng Gelar Uji Coba ETLE Drone di Blora
    30 Januari 2023 Jam 15:42:00

    Penerapan ETLE drone sudah mulai memasuki tahap uji coba. Salah satu daerah yang...