Dinkominfo Melaksanakan Rakor Evaluasi Website PPID Kabupaten Blora Tahun 2021


Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) melaksanakan rapat koordinasi (rakor) evaluasi website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Blora tahun 2021.

Rakor dibuka Plt. Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Blora, Drs. Sugiyanto, M.Si mewakili Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si di ruang pertemuan Setda Blora, Kamis (25/11/2021).

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (Kabid IKP) Dinkominfo Blora Ignatius Ary Soesanto, S.Sos, M.Si dalam laporan penyelenggaraan rakor menyampaikan peserta sebanyak 44 dari Perangkat Daerah se Kabupaten Blora.

Dijelaskannya, maksud dilakukannya rapat koordinasi website PPID adalah untuk mengevaluasi informasi berkala, setiap saat dan serta merta di website Perangkat Daerah se Kabupaten Blora.

“Tujuan Rakor, meningkatkan keterbukaan informasi lewat website Perangkat Daerah se Kabupaten Blora,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos.,MM, dalam sambutan dan pengarahannya menyampaikan website bagi PPID merupakan sarana untuk mempublikasikan informasi.

“Oleh karena itu website mempunyai peran yang sangat penting untuk penyebarluasan informasi. Dari website dapat dilihat seberapa besar transparansi keterbukaan informasi telah dilakukan,” ungkapnya.

Menurut Kadinkominfo Blora, dengan membuka akses keterbukaan informasi publik diharapkan Badan Publik di Kabupaten Blora lebih termotivasi untuk bertanggung jawab dan berorientasi kepada peningkatan pelayanan dan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Serta, diharapkan dapat mewujudkan penyelengaraan Pemerintahan Kabupaten Blora yang bersih, jujur, transparan yang merupakan upaya strategis untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance).

“Diharapkan setelah pelaksanaan rakor ini maka dapat meningkatkan keterbukaan informasi Badan Publik di Pemerintah Kabupaten Blora. Bisa bermanfaat bagi kita semuanya,” tegasnya.

Pratikto Nugroho juga menyebut, bagaimanapun kita ada yang mengawasi. Komisi Informasi setiap saat mengawasi kita.

“Sehingga kami nyuwun tulung (minta tolong) mumpung ini banyak Pak Sekdin, Pak Sekcam yang hadir. Tolong dipilih lagi, staf yang berkemampuan di bidang teknologi tetapi juga berkemampuan dan punya hobi. Apalagi kedepan ada satu tantangan untuk membuat Command Center, sehingga harus menyediakan sarana dan prasarananya,” jelasnya.

Dengan adanya Command Center, kata Pratikto, nantinya berbagai hal akan sentral disitu, terkait satu data, terkait kegiatan penyelenggaraan tugas dan tanggung jawab kita dan pengelolaan manajemen serta lainnya.

Ia mengucap syukur kalau di masing-masing OPD ada personel-personel, ada staf dan lainnya yang punya hobi menyampaikan informasi.

“Sekali lagi, ini adalah kewajiban kita untuk menyampaikan informasi kepada publik, terkait banyak hal,” ucapnya.

Sementara itu Plt. Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Blora, Drs. Sugiyanto, M.Si mewakili Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa yang utama untuk website adalah Sumber Daya Manusia (SDM-nya).

“Kalau kaitannya dengan alat, semuanya tidak masalah, karena website itu bisa dibuka di rumah. Tapi memang harus ada orang profesional yang memulai. Semuanya, saya pikir ini pekerjaan sampingan, tapi ternyata ini adalah perubahan yang cukup vital dan utama dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat. Karena masyarakat sekarang ingin terbuka,” terangnya.

Dalam rakor ada dua narasumber/penceramah yang menyampaikan materi. Yakni, Kepala Bidang IKP Dinkominfo Blora Ignatius Ary Soesanto, S.Sos,M.Si selaku Sekretaris PLID yang mengulas Evaluasi website PPID Pembantu.

Kemudian, Nur Khamid, S.Kom, Kepala Seksi Aplikasi Informatika Bidang Teknologi Informasi Dinkominfo Blora.

Acara berlangsung tertib dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Dukung Pengembangan Taekwondo di Blora
    05 Desember 2021 Jam 16:08:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, yang berperawakan tinggi besar rupanya gemar...

    Buka Turnamen, Bupati Ingin Populerkan Olahraga Woodball di Blora
    05 Desember 2021 Jam 15:38:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si membuka turnamen Blora Open Woodball yang...

    Doakan Blora, Dzikir Bersama Khidmat Dilaksanakan
    05 Desember 2021 Jam 14:22:00

    Dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora, Pemkab bekerjasama dengan jamaah dzikir...