Seni dan Budaya

Merintis Jalan Cerita di Media Massa


Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA Blora bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPK) Kabupaten Blora menggelar Seminar Sastra dengan tema “Merintis Jalan Cerita di Media Massa”.

Acara berlangsung di pendopo kantor DPK Blora, (5/2/2018) dengan peserta para gura mapel Bahasa Indonesia sejumlah lebih kurang 50 orang. Yang menjadi pembeda, acara dengan menghadirkan narasumber salah seorang guru dan penulis buku cerita Dwiyanto berlangsung lesehan namun menginspirasi dan tampak akrab.

Mewakili Pengurus MGMP Bahasa Indonesia SMA, Naning Supriati pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepadaKepala DPK Blora sehingga pada putaran ke II semester 2, para guru Bahasa Indonesia SMA lebih semangat dengan suasana baru dan mendapatkan sertifikat dari DPK Blora.

“Yang tak kalah penting adalah mendukung literasi di sekolah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala DPK Blora Gundala Wejasena mengemukakan kegiatan bersama para guru mapel Bahasa Indonesia diharapkan tidak hanya sekedar formalitas saja, melainkan benar-benar ada hasilnya dan berkjelanjutan.
Ia menyarankan buku hasil karya para penulis asli Blora agar dibeli dan dibaca, sehingga karyanya bisa mengedukasi para siswa dan masyarakat.

Selain itu, agar para penulis asli Blora bisa memotivasi kepada siswa dan sesama guru untuk membuat karya tulis, khususnya di media massa.

Masih menurut Gundala Wejasena, DPK Blora mengajak semua guru, siswa dan warga masyarakat untuk menjadi anggota perpustakaan. Layanan keliling dengan menggunakan sejumlah unit mobil, terus dioptimalkan untuk menumbuhkan minat baca.

“Bagi yang daftar menjadi anggota, cukup 10 menit sudah bisa dapat kartu anggota,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan untuk mengembakan budaya literasi, kata Gundala, tidak lama lagi DPK Blora akan melaunching perpustakaan digital, sehingga mudah diakses oleh warga masyarakat. (Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    Fraksi-fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APDB Kabupaten Blora 2023
    13 Juli 2024 Jam 18:15:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemkab Blora menyelenggarakan rapat paripurna...

    Grand Final Kakang Mbakyu DUWIS 2024 Dikemas Dengan Konsep Outdoor dan Garden Party, Rojihan dan Laras Juara Pertama
    13 Juli 2024 Jam 12:51:00

    Ajang pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2024, yang tahapan seleksinya dimulai...

    Anggota DPRD Jateng Ajak Purna Tugas dan Purnawirawan Aktif Melestarikan Seni Budaya Warisan Leluhur
    13 Juli 2024 Jam 10:58:00

    Anggota DPRD Komisi B Jawa Tengah  H. Abu Nafi, SH, mendorong dan mengajak para purna tugas...