Pemkab Blora Terima Penghargaan Terbaik Dimensi Smart Economy dari Kemenkominfo RI


Pemerintah Kabupaten Blora menerima penghargaaan terbaik untuk Dimensi Smart Economy dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Penghargaan diterima Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM., mewakili Bupati Blora, H. Arief Rohman., S.IP., M.Si., bersama 17 Kepala Daerah (Kabupaten/Kota) lainnya di International Convention Exhibition (ICE) BSD City, Jl. BSD Grand Boulevard Raya Nomor 1 Tangerang, Selasa (14/12/2021).

Kepala Dinkominfo Blora, Pratikto Nugroho, S.Sos., MM., yang hadir mendampingi Wakil Bupati Blora pada acara tersebut, mengatakan, penghargaan itu diraih dari program inovasi WARUNG PAKDHE yang diluncurkan Pemkab Blora melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora, pada Rabu (27/10/2021) lalu.

“WARUNG PAKDHE adalah akronim Warga Beruntung Pelayanan Adminduk Berhenti di Desa. Itu sebuah inovasi, pelayanan Administrasi Kependudukan cukup sampai tingkat desa atau kelurahan, tidak usah sampai Kecamatan maupun Kabupaten,” terang Pratikto Nugroho.

Tujuan dari inovasi WARUNG PAKDHE untuk mempermudah pelayanan dokumen kependudukan sehingga data kependudukan semakin valid dan mudah dalam pengurusannya.

Menurutnya, dengan pelayanan semua dokumen kependudukan di Desa atau Kelurahan, harapan kedepan data kependudukan semakin valid, mudah dan membahagiakan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, tambah Pratikto Nugroho, Kabupaten Blora juga mengikuti pameran virtual (booth virtual) yang difasilitasi oleh Kemenkominfo yang dapat di akses melalui http://indonesiasmartcity.id

Dijelaskannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) telah memberikan pendampingan penyusunan masterplan kota cerdas (smart city) kepada 48 kabupaten/kota yang berada pada Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional dan Ibu Kota Negara Baru, serta evaluasi implementasi program kota cerdas (smart city) terhadap 100 kota/kabupaten yang telah terpilih pada tahun 2017-2019.

“Jadi dalam acara Indonesia Smart City Conference, membahas upaya pemanfaatan TIK dalam implementasi kota cerdas (smart city). Kemudian diberikan penghargaan (awarding) kepada setiap Kepala Daerah atas pencapaian penyusunan masterplan dan implementasi program kota cerdas, salah satunya adalah Kabupaten Blora melalui Dimensi Smart Economy, ” jelasnya.  (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...