Pelaku UKM Dilatih Memasarkan Produk Melalui Channel Youtube


Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM) Kabupaten Blora melaksanakan berbagai cara dan pelatihan untuk mendorong dan mendongkorak omzet penjualan produk UKM di wilayah setempat selama pandemi Covid-19.

Salah satu upaya itu ditempuh dengan menyelenggarakan pelatihan digital marketing bagi pelaku UKM se Kabupaten Blora secara berkesinambungan.

Kepala Seksi Usaha Kecil dan Menengah Bidang Koperasi Dindagkop UKM Blora Sri Rahardjo, SE., MM., mewakili Plt. Kepala Dindagkop Blora, Luluk Kusuma Agung Ariadi, AP., mengungkapkan pelatihan digital marketing bagi pelaku UKM telah dilaksanakan kurang lebih sepuluh kali mulai Januari hingga Desember 2021.

“Jadi untuk tahun 2021 ini, kaitannya mendorong teman-teman UKM guna memasarkan produknya secara online di masa pandemi, kurang lebih sudah sekitar 10 kali kita laksanakan. Empat kali di desa, kemudian empat kali di wilayah kecamatan dan dua kali ini kita laksanakan di ruang pertemuan Dindagkop UKM Blora,” jelasnya di Blora, Rabu (15/12/2021).

Karena. kata dia, memang tujuannya untuk meningkatkan pemasaran produk UKM secara online, maka dinilai sangat luar biasa.

“Artinya, walaupun di masa pendemi, teman-teman UKM masih bisa berproduksi dan sekaligus memasarkan, memperluas jaringan pasarnya secara online,” jelasnya.

Untuk pelatihan kali ini dikuti 62 peserta selama satu hari, menghadirkan Youtuber asal Kecamatan Randublatung, Taufik Hidayat dengan mengusung materi Memasarkan Produk UKM melalui Channel Youtube.

“Kami minta semua peserta yang hadir bisa mengikuti dengan baik materi yang disampaikan nara sumber. Harapannya, bisa meningkatkan pendapatan pelaku UKM,” tambah Sri Rahardjo.

Selaii itu, diharapkan pula bagi para peserta yang bertemu, tidak hanya sekadar mengikuti pelatihan, tapi juga mencoba untuk komunikasi antara teman yang satu dan lainnya, antar kecamatan.

“Aku punya produk, minta tolong dibantu pemasarannya di wilayah kecamatan panjenengan. Ini cara memperluas jejaring pasarnya kan enak. Kalau ini nada 16 kecamatan yang hadir, jenengan bisa ikut mengedarkan (ngiderke),” kata Sri Rahardjo. (Dinkominfo Blora). 

    Berita Terbaru

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Rabu 19 Januari 2022
    19 Januari 2022 Jam 13:05:00

    Infografis monitoring data COVID-19 dan Update Vaksinasi diharapkan menjadi perhatian seluruh...

    Lomba Hari Habitat Jateng 2022, Kelurahan Sonorejo Diusulkan Penanganan Kumuh
    18 Januari 2022 Jam 21:57:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berkomitmen serius dalam mengentaskan kawasan kumuh yang ada di...

    Tunai Sudah Janji Bakti : Dandim 0721/Blora Pimpin Upacara Pemakaman Militer Anggota TNI
    18 Januari 2022 Jam 18:08:00

    Komandan Kodim 0721/Blora, Letkol Inf. Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han)...