Seputar Blora

Musim Hujan, Warga Blora Diingatkan Waspada Penyakit Menular


Blora - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora mengingatkan masyarakat wajib mewaspadai berbagai macam penyakit menular yang datang saat musim hujan.

“Selain tetap waspada COVID-19, pada saat musim penghujan, diingatkan warga masyarakat waspada penyakit menular. Tetap menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan. Jika mengalami gejala dan sakit yang tak kunjung sembuh segera berobat ke pusat pelayanan kesehatan terdekat,” kata Kepala Dinkes Blora, Edi Widayat, S.Pd, M.Kes, M.H, Senin (28/2/2022).

Menurutnya, di daerah yang sering dilanda banjir ada penyakit yang ditularkan lewat binatang dan ada juga yang diakibatkan oleh kebersihan lingkungan yang kurang.

Dijelaskannya, penyakit diare, penyakit kulit berupa infeksi, alergi, dan penyakit yang mengganggu saluran pencernaan seperti tifoid berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan.

“Saat banjir, ketersediaan air bersih biasanya terbatas, baik untuk kebutuhan minum maupun sanitasi, dan kebersihan makanan yang kurang terkontrol menjadi faktor potensial terkena penyakit-penyakit tersebut,” terangnya.

Sedangkan Demam Berdarah, Leptospirosis, dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang dibawa dan ditularkan melalui binatang.

“Demam berdarah merupakan momok yang patut diwaspadai setiap saat musim hujan, karena akan terdapat genangan air dan memicu berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti,” tegasnya.

Untuk Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira dan ditularkan melalui tikus lewat air kencing. Selanjutnya penyakit ISPA disebabkan oleh bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya.

“Untuk mencegah berbagai macam penyakit saat musim hujan, masyarakat diharapkan senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, makan yang baik dan bersih, istirahat yang cukup dan melakukan cuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas, serta senantiasa menjaga kenbersihan lingkungan,” jelasnya. (Tim Dinkominfo Blora). 

    Berita Terbaru

    Program Variety Show Lincakan Partisipatif Kerja Sama Pemkab Blora, TVRI Jateng dan Sekolah Vokasi Undip
    21 September 2024 Jam 13:22:00

    Pemerintah Kabupaten Blora lakukan penandatanganan kerja sama dengan stasiun Televisi Republik...

    Bawaslu Blora Desak KPU Segera Tetapkan Lokasi Kampanye, Ketua KPU Blora : Tunggu SK
    21 September 2024 Jam 11:23:00

    Jadwal KPU dalam Peraturan KPU No 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan...

    Blora Ekraf Fest 2024 Diharapkan Mampu Promosikan Potensi Ekonomi Kreatif
    21 September 2024 Jam 10:46:00

    Bupati Blora, Dr. H. Arief Rohman berharap gelaran Ekraf Fest 2024 ampu mempromosikan potensi...