BPSDMP Kominfo Yogyakarta Kembali Selenggarakan Pelatihan VSGA dan TA di Blora


Blora - Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) dan Thematic Academy (TA) kembali diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogyakarta di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta, Christiany Juditha, S.Sos.,MA, melaporkan dari jumlah peserta yang lolos seleksi 84 orang.

Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi tiga kelas yaitu Data Management Staff berjumlah 56 orang, dan Video Editor berjumlah 28 orang.

Serta pelatihan TA dengan skema Basic Cyber Security untuk Sektor Kesehatan jumlah pendaftar pelatihan sebanyak 37 orang, dan yang lolos seleksi 35 orang.

"Kepada para peserta yang hadir dan siap mengikuti pelatihan kami mengucapkan semoga sukses dan mendapatkan ilmu, selalu diberikan kekuatan dan kesehatan," ucapnya, Rabu (9/5/2022).

Adapun pelatihan dilaksanakan di ruang pertemuan Grand Mega Hotel Cepu
mulai tanggal 9 hingga 13 Mei 2022.

Dijelaskan Christiany Juditha,data Bank Dunia menyebutkan bahwa Indonesia tengah mengalami digital talent gap (kesenjangan talenta digital).

Indonesia membutuhkan sembilan juta talenta digital dalam 15 tahun atau rata-rata 600.000 talenta digital per tahun.

"Untuk mengatasi hal tersebut, Kemkominfo bersama ekosistem terkait tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi serta pengembangan SDM yang akan memanfaatkan layanan
internet tersebut," ungkapnya.

Tanpa SDM yang cakap, ruang digital berpotensi disalahgunakan untuk tujuan penyebaran konten negatif.

"Seperti penipuan daring, perjudian, prostitusi online, disinformasi atau hoaks, pencurian data pribadi, perundungan siber (cyberbullying), ujaran kebencian (hate speech), hingga penyebaran paham radikalisme atau terorisme di ruang digital," terangnya.

Apalagi, tambahnya, pandemi Covid-19
mendorong masyarakat untuk beraktivitas, berinteraksi, dan bermigrasi ke ruang digital.

Kementerian Kominfo sebagai leading sector dibidang TIK mempunyai Program Pengembangan SDM unggulan yaitu
Digital Talent Scholarship (DTS).

Program ini sudah dimulai sejak tahun 2018 dan bertujuan untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi guna meningkatkan kompetensi
masyarakat Indonesia dibidang TIK.

  Juga untuk mencetak talenta-talenta digital melalui berbagai pelatihan dan latar belakang pendidikan dan pekerjaan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) digital dalam rangka mempercepat transformasi digital.

Program DTS tahun 2022 mencakup 8 (delapan) akademi yakni Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Thematic Academy (TA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Professional Academy (ProA), Government Transformation Academy (GTA), dan Talent Scouting Academy (TSA).

Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), dan Thematic Academy (TA) merupakan tiga dari akademi dari DTS tahun 2022 yang ditujukan spesifik pada sektor industri/kalangan tertentu, di antaranya Pelaku UMKM, ibu rumah tangga, lulusan SMK/SMA/D3/D4 yang sedang
mencari/belum bekerja serta para pengelola pesantren, dimana silabusnya telah disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan akademi.

Ketiga akademi tersebut juga bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era industri 4.0 seperti saat ini.

Pada pelaksanaannya, Kementerian Kominfo melibatkan beberapa pihak terkait
mulai dari akademisi, industri, hingga beberapa komunitas sesuai masing-masing tema.

Ketiga Program DTS 2022 tersebut terdiri dari berbagai akademi dan skema pelatihan yang diharapkan dapat menjangkau seluruh aspek dan golongan masyarakat.

"Secara umum pelatihan ini ditujukan bagi
masyarakat berbagai kalangan dan industri tertentu yang ingin meningkatkan keterampilan di bidang TIK," ujarnya.

Diharapkan, dengan terselenggaranya program Digital Talent Scholarship (DTS) ini, dapat menyediakan tenaga kerja terampil dan siap pakai bagi industri di bidang TIKvserta memfasilitasi alih kompetensi bagi tenaga kerja yang terdampak digitalisasi.

Tujuan lainnya adalah untuk melatih peserta dalam mengembangkan proses bisnisnya
melalui digitalisasi kelembagaan dan manajemen keuangan, pemasaran digital dan pengembangan inovasi produk secara digital.

Sekaligus mempertegas kehadiran negara
dalam rangka penguatan dan proteksi sumber daya manusia Indonesia di bidang TIK dan merupakan komitmen Kominfo dalam mewujudkan SDM TIK unggul.

Dalam pelaksanaan pelatihan DTS, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran quadruple helix (pemerintah, industri, institusi
pendidikan dan masyarakat) agar dapat menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

Kegiatan pelatihan VSGA dengan skema Data Management Staff (DMS) dan Video Editor serta pelatihan TA dengan skema Basic Cyber Security untuk Sektor Kesehatan merupakan pelatihan angkatan pertama di tahun 2022 yang diadakan oleh BPSDMP Kominfo Yogyakarta di antara 3 lokasi lain di wilayah kerja BPSDMP Kominfo Yogyakarta yang telah menjalin kerja sama (MoU) dengan BPSDMP Kominfo Yogyakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, baik para peserta, para pengajar dan panitia wajib mengikuti Rapid Test Antigen.

Serta pembelajaran dilaksanakan di ruangan terpisah dengan maksimal 30 peserta setiap kelas/ruangan.

Pihaknya, sekali lagi menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Blora, para Pengajar, perangkat acara serta dukungan semua pihak yang telah membantu kelancaran
terlaksananya kegiatan ini.

Dakan kesempatan itu, hadir Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Blora Kariyono,ST.,MT mewakili Kepala Dinas Kominfo Blora Pratikto Nugroho,S.Sos., MM.

Dirinya selain memperkenalkan diri sebagai Kabid IKP Dinkominfo Blora yang baru, juga memberikan motivasi kepada peserta pelatihan.

"Mewakili Bapak Kepala Dinkominfo, kami berharap supaya mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan semoga pelatihan tersebut bisa untuk modal dan bermanfaat untuk peserta semuanya," tuturnya.

Adapun para Pengajar Vocational School Graduate Academy (VSGA) daribPOLITEKNIK NEGERI SEMARANG Mardiyono, S. Kom., M. Sc., Nurseno Bayu Aji,S.Kom,M.Kom., Tri Raharjo Yudantoro, S.Kom, M.Kom., dan Sukamto,S.Kom,.M.T.

Kemudian, PT GIT SOLITION AMIKOM YOGYAKARTA, Taufik Setyawan, Tri Suharsono S.Kom.

Berikutnya, Pengajar Thematic Academy (TA) Danang Kuswardono, S.Kom., M. Kom dari Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Grobogan. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Mempertahankan dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara
    01 Oktober 2022 Jam 17:52:00

    Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM, meminta seluruh pihak untuk terus berpegang...

    UCMI Yogyakarta Akan Dampingi Desa Temengeng dan Kelurahan Cepu
    01 Oktober 2022 Jam 17:45:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si tidak berhenti untuk menggandeng sejumlah perguruan...

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Sabtu, 1 Oktober 2022
    01 Oktober 2022 Jam 12:56:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...