Seputar Blora

275 Personel Dikerahkan Amankan Paskah di Gereja


Kepala Kepolisian Resor Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H turun langsung memantau dan memastikan kesiapsiagaan personel polisi dalam pengamanan ibadah Kamis Putih dan Jumat Agung Paskah tahun 2018 di sejumlah geraja di wilayah setempat.

Kapolres Blora didampingi Kabag Ops Kompol Zuwono dan Kapolsek Blora AKP Slamet memulainya dari gereja terdekat di wilayah kota Blora, Jumat (30/3). Yaitu gereja Gereja Kristen Jawa.

Dilanjutkan ke gereja Kristen Indonesia, GKJTU, gereja Bhetany dan gereja Katholik St. Pius serta gereja-gereja lainnya yang mendapat pengamanan dari personel Polres Blora.

Menurut Kapolres pengecekan perlu dilakukan oleh pimpinan untuk memastikan bahwa pelaksanaan pengamanan oleh personel berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

“Kita bukannya tidak percaya dengan pelaksanaan tugas oleh anggota, namun yang paling penting adalah memberi suport secara moril kepada mereka, sehingga dalam pelaksanaannya mereka penuh semangat dan tanggung jawab,” ujar Kapolres AKBP Saptono.

Kapolres Blora berpesan, petugas harus terus mengawasi para tamu dan waspada mengantisipasi adanya kemungkinan gangguan Kamtibmas dari kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengganggu kelancaran Paskah.

"Pengamanan untuk hari Raya sudah menjadi agenda rutin. Selama hari Raya Paskah dan bertepatan libur panjang ini pengamanan akan kita tingkatkan," ucap Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H.

Diharapkan kepada anggota untuk senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan juga melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh sesuai Standar Operasional Prosedur pengamanan tempat ibadah.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak TNI dan panitia gereja setempat untuk bersama-sama jaga keamanan gereja. Karena mereka akan lebih mengetahui siapa saja anggota jemaatnya.

"Pihak internal gereja juga kita libatkan karena lebih mengenal jemaat yang biasa beribadah di gereja masing-masing," terang AKBP Saptono.

Pada kesempatan yang sama Kabag Ops Polres Blora Kompol Zuwono, mengemukakan setiap gereja telah ditempatkan personel empat dua orang sampai delapan orang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh umat nasrani yang beribadah.

“Sudah merupakan salah satu tugas kepolisian untuk melakukan pengamanan setiap ada kegiatan masyarakat, dengan kehadiran Polisi masyarakat benar benar merasa aman dan nyaman, sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan aman dan lancar," tambah Kabag Ops Kompol Zuwono.

Dijelaskannya, Polres Blora menerjunkan sebanyak 275 personel untuk menjaga gereja-gereja di wilayah Blora.

"Anggota sebanyak itu untuk membantu Polsek jajaran di wilayah hukum Polres Blora agar dalam melaksanakan tugas pengamanan perayaan hari Paskah tahun ini berjalan lancar," kata Kompol Zuwono.

Menurut Kabag Ops, pengamanan Perayaan Paskah tersebut tidak ada yang dianggap ekstra atau biasa, semuanya diperlakukan sama. Artinya, polisi siap melakukan pengamanan baik di Gereja kecil maupun besar.

Ia mengimbau anggotanya agar tetap tertib melakukan tugasnya dengan baik. Karena, hal ini sudah menjadi tugas kepolisian memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat.

Sesuai standar prosedur seterilisasi gereja baik secara manual maupun alat metal detector dilakukan petugas untuk memastikan lingkungan dalam dan luar gereja dalam keadaan aman tidak ada benda yang membahayakan yang dapat merusak kehusyukan umat Kristiani beribadah.

“Mulai Kamis malam, telah menurunkan pasukan untuk melakukan tugasnya menjaga titik-titik di mana ada pelaksanaan Paskah. Tidak hanya itu, deni keamanan setiap jemaat yang hadir juga akan digeledah oleh petugas,” jelasnya.

Dikatakannya, Polres Blora tidak ingin kecolongan. Oleh karena itu, pengamanan mendalam dilakukan satu jam sebelum peringatan.
Kompol Zuwono mengimbau agar umat Kristiani yang sedang melaksanakan perayaan Paskah saling menghargai agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jemaat juga harus menjaga kewaspadaan terhadap orang yang tidak dikenal.

Ucapan terimakasih juga disampaikan warga atas kehadiran Kapolres Blora dan rombongan yang membuat jemaat merasa nyaman dalam menjalankan ibadahnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kapolres Blora dan jajarannya atas pelayanan pengamanan ini,” salah seorang pengurus Gereja Kristen Indonesia, Blora. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Guru di Blora Diminta Ikut Berperan Atasi Anak Tidak Sekolah
    17 April 2024 Jam 16:25:00

    Dalam rangka memberikan layanan pendidikan terbaik kepada masyarakat, Bupati Blora, H. Arief...

    Seleksi Calon Paskibraka 2024, Kaban Kesbangpol Blora : Diharapkan Terpilih Calon Paskibraka Berpotensi Tinggi, Semangat dan Bertanggungjawab
    17 April 2024 Jam 12:33:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) telah...

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...