Seni dan Budaya

Pohon Anting Putri Asal Tuban Juara Lomba Pesona Bonsai Samin Blora 2022


Penjurian lomba bonsai di halaman GOR Mustika Blora telah selesai dilaksanakan. Dewan juri dengan seksama ekstra teliti melakukan penilaian pada ratusan bonsai yang diusung peserta pada event Pesona Bonsai Samin Kabupaten Blora 2022.

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Cabang Blora, Umbaran Wibowo menginformasikan hasil penilaian dewan juri .

Untuk Best In Class Regional sekaligus Best In Show Pesona Bonsai Samin : Pohon Anting Putri asal Tuban. Juara 2 Regional : Pohon Anting Putri asal Grobogan. Juara 3 Regional Pohon Pohon Sianchi asal Pati.

Berikutnya, Best In Class Prospek Pesona Bonsai Samin : Pohon Anting Putri asal Grobogan. Juara 2 Prospek : Pohon Serut asal Tuban. Juara 3 Prospek : Pohon Sancang Asal Blora.

“Kami ucapkan selamat kepada peserta yang meraih juara. Semoga ini menjadi pemacu semangat bagi pecinta bonsai di Kabupaten Blora dan sekitarnya,” kata Umbaran Wibowo, Selasa (13/9/2022).

Untuk, selanjutnya, dipersilahkan kepada warga masyarakat, pelajar dan mahasiswa khususnya pecinta bonsai untuk bisa mengunjungi pameran di halaman GOR Mustika Blora.

Pengunjung boleh mendokumentasikan aneka jenis tanaman bonsai yang dipamerkan, tetapi diminta untuk tidak memegangnya, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Setelah selesai penjurian kita buka untuk umum, bisa dinikmati oleh masyarakat kabupaten Blora, supaya memicu kecintaan masyarakat Blora ini terhadap seni kreatif, tanaman bonsai,” katanya. 

Kontes dan Pameran bertajuk Pesona Bonsai Samin Kabupaten Blora 2022 secara resmi dibuka dan dilakukan penjurian di halaman GOR Mustika Blora, Senin (12/9/2022).

Helatan acara yang spektakuler yang diikuti peserta dari Jateng dan Jatim itu berlangsung selama tujuh hari, Sabtu (10/9/2022) hingga Jum'at (16/9/2022).

Dikatakannya, pada hari pertama, ditargetkan 150 peserta, tetapi ternyata panitia dibuat untuk kerja keras.

“Di hari pertama itu sudah kita dapat peserta sekitar 300, di hari kedua dapat tambahan 150 pohon lagi, jadi total ada sekitar 450 buah pohon dan siap berkompetisi untuk meraih best in show, setelah penjurian yang dilakukan Pak Gunadi dan Pak Eko Sumarjono, yang keduanya adalah juri nasional, sudah bersetifikat dan sangat ahli di bidangnya,” ucapnya.

Menurut Umbaran Wibowo, kalau hasil penjurian mendapat juara, tentu selain menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, kalau dirupiahkan akan sangat tinggi.

Sejatinya Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST,MM., berkenan hadir untuk membuka secara langsung, namun karena ada tugas dinas yang tidak bisa ditinggalkan, maka orang nomor satu di Kabupaten Blora mohon izin dan menugaskan Kepala Dinporabudpar Blora Drs. Kunto Aji yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Budi Riyanto,S.Pd., MA. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Mempertahankan dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara
    01 Oktober 2022 Jam 17:52:00

    Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM, meminta seluruh pihak untuk terus berpegang...

    UCMI Yogyakarta Akan Dampingi Desa Temengeng dan Kelurahan Cepu
    01 Oktober 2022 Jam 17:45:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si tidak berhenti untuk menggandeng sejumlah perguruan...

    Infografis Monitoring Data COVID-19 dan Update Vaksinasi, Sabtu, 1 Oktober 2022
    01 Oktober 2022 Jam 12:56:00

    Informasi terkini tentang monitoring data Covid-19 dan vaksinasi serta peta zonasi risiko...