Berita Terkini

Menhub Dorong Penerbangan di Bandara Ngloram Dibuka Kembali Tiga Kali Seminggu


Menteri Perhubungan (Menhub) Dr. Ir. Budi Karya Sumadi mendorong, agar penerbangan komersiil di Bandara Ngloram, Cepu, Blora kembali dibuka.

Menhub meminta agar maskapai penerbangan bisa membuka penerbangan seminggu tiga kali.

Hal itu disampaikan saat memimpin rapat koordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara, Staf Khusus Menteri, para Bupati dan stakeholder kawasan Blora, Bojonegoro, Rembang, Tuban, dan Grobogan, di kantornya, Kamis (29/9/2022).

Menhub menegaskan keberadaan Bandara Ngloram harus bisa memberikan manfaat.

"Saya itu sudah menganggap Blora seperti rumah saya sendiri. Kesana, berkuliner. Lontong opornya yang dekat bandara itu enak banget, makan di warungnya langsung. Sekarang ada Bandara Ngloram, keberadaannya harus bisa memberikan manfaat," tandas Menhub Ir. Budi Karya.

Terkait penerbangan di Bandara Ngloram bisa tiga kali seminggu, pihaknya meminta agar pemerintah daerah sekitar Bandara Ngloram bisa saling mendukung untuk terselenggaranya penerbangan di Bandara Ngloram.

Menurutnya, memang kemarin penerbangan sempat terhenti karena Bandara Halim Perdanakusuma sedang direnovasi.

"Saat ini seiring dengan selesainya renovasi, kami minta penerbangan dari dan menuju Ngloram via Halim Perdanakusuma bisa dibuka kembali. Tiga kali seminggu ya, sepakat," tegas Menhub.

Untuk itu, Dirjen Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono yang hadir dalam rapat diminta untuk merumuskan tahapan pembukaan penerbangan tersebut. Sekedar diketahui, dalam rapat tersebut juga dihadirkan manajemen Citilink dan Wings Air. Dua maskapai tersebut sebelumnya pernah membuka penerbangan dari dan menuju Ngloram.

Atas dorongan itu, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., yang hadir dalam rapat,menyatakan kesiapannya untuk mendukung pembukaan kembali penerbangan dari dan ke Bandara Ngloram.

"Kita hadir bersama Bupati Rembang, kemudian Pak Staf Ahli Bupati Bojonegoro, Sekda Grobogan, perwakilan PPSDM Migas, PEM Akamigas, dan lainnya. Pada prinsipnya kita siap mendukung pembukaan kembali penerbangan di Ngloram. Sesuai tugas dari Pak Menhub, yakni tiga kali seminggu. Kita usulkan Senin pagi, Rabu pagi, dan Jumat sore di setiap minggunya," ucap Bupati Arief Rohman.

Hanya, demikian Bupati Arief, pihaknya berharap maskapai penerbangan Citilink dan Wings Air bisa ikut berkomitmen membuka penerbangan dengan dukungan harga tiket yang terjangkau.

"Semoga nanti tiketnya juga terjangkau. Tidak terlalu mahal. Jika satu juta lebih, misalnya Rp 1,4 juta atau Rp 1,6 Juta, maka banyak calon penumpang yang lebih memilih kereta api. Namun jika bisa satu juta atau kurang, maka pasar akan tumbuh positif. Semoga ada kesepakatan harga yang kompetitif," ujar Bupati.

Kapan kira-kira penerbangan ini dibuka, Bupati mengatakan masih menunggu tahapan penyiapan izin pembukaan penerbangan dan lainnya.

"Kita inginnya secepatnya ya, tapi ya tetap harus melalui proses sesuai aturan penerbangan. Semoga saja semuanya lancar," tambah Bupati.

Dalam rapat, tampak hadir juga, Staf Khusus Menhub, Adita Irawati, Kepala Bandara Ngloram, Ariadi Widiawan, dan sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan. (DINKOMINFO BLORA/ Prokompim).

    Berita Terbaru

    Guru di Blora Diminta Ikut Berperan Atasi Anak Tidak Sekolah
    17 April 2024 Jam 16:25:00

    Dalam rangka memberikan layanan pendidikan terbaik kepada masyarakat, Bupati Blora, H. Arief...

    Seleksi Calon Paskibraka 2024, Kaban Kesbangpol Blora : Diharapkan Terpilih Calon Paskibraka Berpotensi Tinggi, Semangat dan Bertanggungjawab
    17 April 2024 Jam 12:33:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) telah...

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...